Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Inovasi Mahasiswa Aceh Ubah Mangrove Jadi Body Lotion

Inovasi Mahasiswa Aceh Ubah Mangrove Jadi Body Lotion
  • 31 Juli 2022
  • 0 Komentar

Inovasi Mahasiswa Aceh Ubah Mangrove Jadi Body Lotion

Selama ini mangrove dijadikan tanaman pencegahan risiko bencana tsunami. Namun ternyata mangrove juga bermanfaat untuk kulit.

 

Jakarta, 31/07/22 - Lima mahasiswa berhasil mengharumkan nama Universitas Syiah Kuala (USK) di kancah internasional. Produk yang diberi nama “Rizonate” mengantarkan USK meraih silver award dalam 2nd Internasional Reseach Invetion, Innovation and Exhibition (I-RIE 2022) yang diselenggarakan secara online dan diikuti oleh peserta dari berbagai negara.

 

Kelima mahasiswa tersebut berasal dari berbagai program studi (prodi), yaitu Fauzur Rahmat (Teknologi Hasil Pertanian), Ghazi Maulana (Pendidikan Dokter), Nurul Islamidini (FMIPA Biologi), Dini Fadhillah (Teknologi Hasil Pertanian) dan Al Thahyat Nur (Teknik Pertanian).

 

Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10-16 Juni 2022, yang diselenggarakan oleh Universiti Teknologi Mara (UITM) Malaysia. Kompetisi I-RIE adalah salah satu ajang unjuk produk inovasi untuk pelajar sekolah hingga pegawai suatu industri. Pada tahun ini, isu yang diangkat dalam kompetisi I-RIE berfokus pada Fostering Innovation for a Sustainable Future.

 

Fauzur Rahmat menjelaskan, Rizonate merupakan inovasi produk yang memanfaatkan buah mangrove sebagai bahan utama. Dipilihnya buah mangrove karena ketersediaannya melimpah, khususnya di daerah yang berisiko terdampak tsunami.

 

Hal ini juga bagian dari upaya pengurangan risiko bencana dan penjagaan ekosistem. Komoditi tersebut diketahui mengandung beberapa komponen aktif antioksidan yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas penyebab risiko negatif bagi tubuhnya khususnya kulit.

 

"Sehingga, untuk memaksimalkan pemanfaatan dan meningkatkan diversifikasi buah mangrove, tim ini  mengusulkan sebuah inovasi berupa body lotion," kata Fauzur, Selasa 26 Juli 2022.

 

Sementara itu, Ghazi Maulana menambahkan, selain bermanfaat untuk kulit, Rizonate berperan penting bagi masyarakat pesisir seperti Aceh. Hal ini karena sangat minimnya pemanfaatan mangrove selain sebagai upaya pencegahan risiko bencana tsunami.

 

"Diharapkan dengan adanya pemanfaatan bagian dari mangrove ini, maka mangrove akan semakin dibudidayakan dan dilestarikan sehingga dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat dan juga lingkungan," tutur Ghazi.

 

Adapun gagasan yang diusung dari produk Rizonate ialah Optimization of Rhizophora Mucronate Antioxidant Extra As Body Lotion in Order to Prevent Natural Disasters Through Mangrove Conservation, For Sustainable Future.

 

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan mengutarakan, yang menarik dan inovatif dari Rizonate adalah, bisa menjadi opsi sebagai solusi atas permasalahan lingkungan. Itulah alasan mengapa mahasiswa USK mengusulkan hal tersebut, di ajang internasional.

 

"Alhamdulillah kita patut bersyukur atas prestasi mahasiswa USK. Dari produk inovasi ini, membuka mata dunia bahwa mangrove pemanfaatannya banyak, bukan sebatas mitigasi kebencanaan saja," ucap Rektor USK.

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Unsyiah.ac.id (2022). Diakses pada tanggal 31 Juli 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: