Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Hindari Stress Ala Iikigai

Hindari Stress Ala Iikigai
  • 28 April 2022
  • 0 Komentar

Hindari Stress Ala Iikigai

Kehidupan sehari-hari tidak akan pernah lepas dari beragam masalah yang ada. Jika tidak dikontrol dengan baik, hal tersebut menjadi pemicu stress.

 

Jakarta, 28/04/22 - Stres sering kali menjadi penyebab seseorang tidak merasa bahagia. Ikigai merupakan konsep yang berasal dari Jepang, gabungan dari kata "Iki" yang berarti kehidupan dan "Gai" yang berarti nilai. Sehingga, Ikigai memiliki arti memiliki alasan untuk hidup, memiliki nilai-nilai kebahagiaan, memiliki hal-hal yang membuat seseorang melangkah maju ke masa depan.

 

Konsep filosofi hidup orang Jepang ini hadir sebagai panduan untuk menghadapi stres dengan kelima pola pikir yang ditawarkan. Berikut 5 Pola Pikir Ikigai untuk Memperoleh Kebahagiaan:

 

Memahami definisi kebahagiaan

Pola pikir masyarakat umum yang kurang tepat adalah ketika menganggap kebahagiaan hanya berasal dari kesuksesan karir ataupun percintaan. Padahal kebahagiaan juga berkaitan erat dengan kondisi kesehatan, spiritual, hingga hubungan keluarga.

 

Memperbaiki pola pikir

Setelah mengetahui definisi kebahagiaan, memperbaiki pola pikir merupakan cara kedua guna hadapi stres. Memiliki banyak sudut pandang akan membuka kesempatan dalam mengembangkan diri agar bisa menghadapi persoalan dengan berbagai jalan keluar.



 

Menghindari overthinking

Tahapan selanjutnya adalah menghindari overthinking untuk mencegah pemikiran terhadap masalah yang tidak ada. Overthinking dapat disebabkan oleh pengalaman masa lalu yang membuat ekspektasi akan masa depan menjadi terbebani.

 

Berhenti menunda pekerjaan

Poin berikutnya adalah berhenti menunda pekerjaan sebagai pencegahan terjadinya penumpukkan tugas berlebih yang berpeluang mengakibatkan stres.

Caranya yakni dengan segera memulai pekerjaan tersebut dalam lima detik setelah memikirkannya, sebab otak manusia cenderung mudah terdistraksi oleh pikiran-pikiran lain.

 

Memiliki lingkungan yang mendukung

Seiring berjalannya waktu, kuantitas dari pertemanan akan semakin berkurang namun kualitasnya harus semakin meningkat. Oleh sebab itu, penting untuk memiliki lingkar pertemanan yang dapat mendukung perkembangan kita.

 

Sobat Revmen, Hampir setiap orang menjalani rutinitas yang sama setiap hari, dari bangun tidur, bekerja, hingga tidur lagi. Jika tidak aktivitas sehari-hari tidak dikelola  dengan baik, hal tersebut menjadi pemicu stress. Padahal sebagai manusia, perlu memiliki kontrol agar bisa beradaptasi dengan berbagai persoalan yang terjadi. Yuk mulai peduli dan meningkatkan kualitas hidup kita agar memperoleh kebahagiaan yang hakiki. #AyoBerubah #RevolusiMental

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Cnnindonesia.com (2022). Diakses pada tanggal 28 April 2022.

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 28 April 2022.


Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: