Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Hery Prasetya, Ciptakan “Board Game” Pendidikan Karakter

Hery Prasetya, Ciptakan “Board Game” Pendidikan Karakter
  • 23 Maret 2022
  • 0 Komentar

Hery Prasetya, Ciptakan “Board Game” Pendidikan Karakter

Agar pendidikan karakter kepada anak-anak tersampaikan dengan menyenangkan, Herry Prasetya menciptakan permainan papan atau ”board game”.

 

Jakarta, 23/03/2022 - Di tangan Hery Prasetya (32), permainan papan bisa dipakai menjadi sarana pendidikan karakter. Berbekal pendidikan psikologi di bangku kuliah, pemuda asal Solo, Jawa Tengah, ini mengharapkan board game yang diciptakannya dapat memecahkan sebuah masalah.

 

Dengan permainan itu, Herry meraih juara tiga kompetisi rancang board game tingkat nasional bertema Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2019. Kompetisi itu diselenggarakan Asosiasi Pegiat Industri Board Game Indonesia.

 

Untuk itulah, setiap kali mempunyai ide membuat board game, Hery bersama timnya akan meriset konsep awal. Setelah prototipe board game jadi pun harus diuji coba untuk melihat apakah permainan bisa dijalankan para pemain. Apabila lolos uji coba, barulah board game bisa diperbanyak untuk dipasarkan.

 

Selain permainan untuk anak-anak, Hery juga membuat permainan papan yang bisa digunakan untuk pelatihan manajemen di perusahaan. Permainan In My Office dibuatnya untuk Biro Psikologi Sinergi MSDM. Kini, dia juga sedang menyiapkan gim serupa, kerja sama antara Hompimpa dan biro psikologi tersebut.

 

Saya merasa board game adalah harta karun yang enggak banyak dilihat banyak orang. Di Hompimpa, kami ingin board game bisa menjadi problem solving bagi orangtua untuk mendidik anak-anaknya.

 

Saat penelitian, Hery menggunakan board game Hellapagos dan yang asli Indonesia, Senggal Senggol Gang Damai. “Saya gunakan permainan yang mengajari mereka bekerja secara tim, bisa lebih kooperatif.  Hellapagosmengajari mereka harus bekerja sama untuk keluar dari pulau terpencil. Untuk yang Senggal Senggol Gang Damai saya modifikasi sedikit supaya anak-anak bisa lebih mudah bermainnya,” ujarnya.

 

Sobat Revmen, Hery Prasetya membuat permainan papan yang sederhana justru lebih rumit. Bagaimana caranya menyederhanakan sebuah konsep besar menjadi sederhana dan bisa tersampaikan kepada anak-anak. Hery menggunakan ilmu psikologi yang didapatkan di bangku kuliah untuk membuat board game yang bisa mengajarkan pendidikan karakter pada anak-anak. Semoga apa yang dilakukan Hery bisa menginspirasi anak muda Indonesia untuk berkarya mengedukasi anak anak Indonesia. #AyoBerubah #RevolusiMental

 

Reporter : MKH

 

Sumber

Headtopics.com (2022). Diakses pada tanggal 22 Maret 2022.

Kompas.id (2022). Diakses pada tanggal 22 Maret 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: