Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Gotong Royong Tanam Mangrove dan Pohon Sukun di Pulau Tidung

Gotong Royong Tanam Mangrove dan Pohon Sukun di Pulau Tidung
  • 24 Juni 2022
  • 0 Komentar

Gotong Royong Tanam Mangrove dan Pohon Sukun di Pulau Tidung

Kemenko PMK, Lintas Kementerian dan Masyarakat kembali melaksanakan Aksi Nyata Revolusi Mental Penanaman Mangrove dan Pohon Sukun di Pulau Tidung. 

 

Jakarta, 24/06/22 - Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) kembali mengaungkan Aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental. Aksi nyata tersebut berupa rangkaian penanaman mangrove dan pohon Sukun di Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

 

Aksi penanaman Mangrove dan Pohon Sukun di Pulau Tidung yang terkenal sebagai destinasi wisata bahari tersebut merupakan kerjasama Kementerian Kemenko PMK dengan Kementrian Perikanan dan Kelautan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan beberapa unsur masyarakat.

 

Aksi nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental penanaman pohon ini lanjutan dari gerakan penanaman 10 juta pohon yang dilaunching Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P pada akhir Mei 2022 lalu di Bali. Aksi tersebut menjadi komitmen Pemerintah sebagai bentuk aksi nyata cinta lingkungan dan menekan dampak perubahan iklim. 

 

Pulau Tidung dipilih menjadi tempat penanaman mangrove dan sukun karena merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove. Asisten Deputi Revolusi Mental Kemenko PMK, Katiman Kartowinomo menyampaikan kegiatan penanaman yang dilaksanakan hari ini telah disiapkan dua jenis tanaman yaitu mangrove dan pohon sukun untuk ditanam di wilayah Pulau Tidung. 

 

Kegiatan penanaman pohon merupakan bagian dari pembudayaan cinta lingkungan kolaborasi dengan berbagai pihak, hari ini telah disiapkan 20.000 mangrove dan ratusan pohon sukun untuk ditanam” Ujar Katiman.

 

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Devi Lidia menambahkan kedepan Pemprov DKI juga akan turut mendukung kegiatan penanaman mangrove di wilayah Kepulauan seribu.

 

“Pemprov DKI Jakarta menargetkan penanaman mangrove hingga 80.000 batang, termasuk pohon Sukun. Hal tersebut merupakan target kami sebagai bentuk dukungan Pemerintah DKI dalam mensukseskan Aksi Nyata Revolusi Mental Penanaman 10 Juta pohon yang di inisiasi oleh Kemenko PMK” Ujarnya. 

 

Acara Aksi Nyata penanaman pohon di Pulau Tidung juga diramaikan oleh ratusan Pelajar dan Mahasiswa dari beberapa wilayah di Kepulauan Seribu dan DKI Jakarta. Pelibatan Pelajar dan Mahasiswa menjadi bagian pembentukan karakter generasi muda agar mencintai pohon dan ikut turun langsung menyelamatkan bumi dengan aksi nyata yang mudah dilakukan. 

 

Kedepan gotong Royong dan kolaborasi melestarikan alam bisa menjadi budaya populer bagi masyarakat kita.  Harapan kita semua dengan Aksi Nyata Revolusi Mental penanaman pohon yang terus dikampanyekan dan dilakukan secara konsisten dapat sedikit memberi dampak pada kelestarian bumi kita Indonesia.

Reporter : MKH

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: