Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Cegah Post-Holiday Blues setelah Libur Lebaran

Cegah Post-Holiday Blues setelah Libur Lebaran
  • 10 Mei 2022
  • 0 Komentar

Cegah Post-Holiday Blues setelah Libur Lebaran

libur Lebaran dan cuti bersama 2022 sudah usai. Usai libur panjang ini, sering kali terbit rasa malas untuk kembali bekerja. 

 

Jakarta, 10/05/22 - Lazimnya, libur panjang dimanfaatkan untuk recharge energi sehingga kembali bersemangat saat mulai masuk bekerja lagi. Namun sebagian orang justru mengalami perasaan tidak bersemangat dan cemas karena harus kembali pada rutinitas harian.

 

Habis liburan panjang seperti libur Lebaran 2022 ini ada saja yang merasa gundah gulana, stress hingga tak bersemangat bekerja dan beraktivitas seperti sedia kala. Menurut psikolog, perasaan tersebut wajar terjadi pada manusia yang disebut dengan post-holiday blues.

 

Post-holiday blues biasanya mengacu pada tekanan mental jangka pendek, kecemasan, dan kesedihan yang muncul setelah liburan. Para ilmuwan sebenarnya telah mempelajari efek liburan pada individu.

 

Setidaknya ada 2 sebab terjadinya post-holiday blues pada para pekerja. Pertama, liburan, termasuk libur Lebaran-cuti bersama, dianggap sebagai waktu melarikan diri dari pekerjaan. Kedua, seorang pekerja mengalami post-holiday blues bisa jadi karena mengalami peristiwa tidak menyenangkan selama berlibur. 

 

Jika dilihat secara garis besar, post-holiday blues termasuk dalam kategori stres moderat. Sebagaimana kasus-kasus stres lainnya, kita dapat menerapkan strategi 4A untuk melawan post-holiday blues. 

 

Pertama, avoid atau menghindari pemicu stres. Kedua, alter atau kemukakan pikiran yang menyebabkan tertekan. Ketiga, adapt atau latih keterampilan saat berada dalam kondisi tidak nyaman. Keempat, accept atau terima bahwa tidak semua hal di kehidupan dapat kita kendalikan. 

 

Sobat Revmen, Perlu diingat, sebagian besar hidup orang dewasa dihabiskan di tempat kerja dan menyelesaikan beban kerja tersebut. Jika dirasa bahwa pekerjaan adalah ruang yang menekan dan sangat tidak menyenangkan lagi, ada baiknya untuk mengembangkan diri dan berpikir ulang untuk mencari pekerjaan lain. #AyoBerubah #RevolusiMental

 

Reporter : MKH

 

Sumber 

Cnnindonesia.com (2022). Diakses pada tanggal 10 Mei 2022.

Detik.com (2022). Diakses pada tanggal 10 Mei 2022.

Tirto.id (2022). Diakses pada tanggal 10 Mei 2022.

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: