Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

61 Tahun Pidato Bung Karno di PBB, Masih Relevan Hingga Saat Ini

acara Peringatan 61 Tahun Pidato Bung Karno di PBB yang diselenggarakan PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi)
  • 01 Oktober 2021
  • 0 Komentar

61 Tahun Pidato Bung Karno di PBB, Masih Relevan Hingga Saat Ini

Pidato Soekarno di hadapan PBB yang memuat Pancasila dan spirit merdeka untuk lepas dari penjajahan patut terus dikumandangkan guna mengatasi persoalan yang dihadapi bangsa saat ini.

 

Jakarta (30/09/2021) Tahu kah sobat Revmen, bahwa di tanggal 30 September ada peristiwa bersejarah bangsa yang juga menggemparkan dunia? Peristiwa tersebut tak lain adalah pidato monumental Soekarno di sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 30 September 1960. Presiden pertama Indonesia itu menyampaikan pidato yang berjudul To Build the World A New atau Membangun Dunia Kembali, yang masih relevan loh hingga saat ini!

Tepat 61 tahun lalu di markas PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Soekarno memukau panggung internasional lewat pidatonya yang memperkenalkan Pancasila sebagai ideologi baru dunia. Tak hanya itu Soekarno juga berdiri dengan lantang menggugat dunia agar meninggalkan praktik kolonialisme dan hidup merdeka dalam perdamaian dunia. Terkait hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun menyebut bahwa spirit Bung Karno ketika sidang PBB tersebut masih sangat relevan dengan saat ini, tak terkecuali gagasan Bung Karno perihal revolusi mental.

“Itu masih sangat relevan dengan saat ini karena kita berhadapan dengan suasana-suasana baru, namun dengan mental-mental lama yaitu mental terjajah,” ujar Muhadjir Effendy dalam acara Peringatan 61 Tahun Pidato Bung Karno di PBB yang diselenggarakan PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) secara daring, Kamis (30/9).