Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

10 KOTA PALING TOLERAN DI INDONESIA MENURUT SETARA INSTITUTE

Konferensi pers Setara Institute
  • 05 Juli 2021
  • 0 Komentar

10 KOTA PALING TOLERAN DI INDONESIA MENURUT SETARA INSTITUTE

Salah satu atribut kota yang toleran menurut Setara Institute adalah memiliki rencana dan kebijakan pembangunan yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi. Memang setiap studi indexing memiliki kelebihan atau kekurangannya sendiri, tergantung pada metodologinya. Namun tetap dapat menjadi masukan yang berarti untuk mengenai toleransi.

 

Jakarta (27/05/2021) Setara Institute merilis laporan indeks Kota Toleran Tahun 2020. Dalam laporan tersebut terdapat 10 kota dengan skor toleransi paling tinggi di Indonesia, yakni Salatiga (6,717), Singkawang (6,450), Manado (6,200), Tomohon (6,183), Kupang (6,037), Surabaya (6,033), Ambon (5,733), Kediri (5,583), Sukabumi (5,546), dan Bekasi (5,530).

 

Ada empat atribut yang harus dimiliki oleh kota toleran. Pertama, memiliki rencana dan kebijakan pembangunan yang kondusif bagi praktik dan promosi toleransi, Kedua, tindakan pejabat di kota tersebut kondusif bagi praktik tolerasi. Ketiga, kota toleran memiliki tingkat pelanggaran kebebasan beragama atau berkeyakinan yang rendah atau tidak ada sama sekali. Keempat, kota toleran harus menunjukkan upaya yang cukup dalam tata kelola keberagaman identitas warganya.

 

Dalam studi ini, Setara Institute juga menetapkan empat variabel dengan delapan indikator. Variabel pertama adalah regulasi pemerintah kota. Pada variable ini indikatornya antara lain Rencana Pembangunan Jangka Menengah daerah (RPJMD) dan produk hukum pendukung lainnya serta kebijakan diskriminatif. Variabel kedua adalah tindakan pemerintah. Indikatornya terdiri dari pernyataan pejabat kunci tentang peristiwa intoleransi dan tindakan nyata terkait peristiwa.

 

Variable ketiga adalah regulasi sosial yang memiliki indikator peristiwa intoleransi serta dinamika masyarakat sipil terkait peristiwa intoleransi. Variable keempat adalah demografi agama yang memiliki indikator heteregonitas keagamaan penduduk dan inklusi sosial keagamaan.

 

Menurut Setara Institute, scoring dalam studi ini menggunakan skala numerik 1-7. Skor 1 adalah paling buruk dan skor 7 itu paling baik. Adapun total kota yang menjadi objek kajian adalah 94 kota dari total 98 kota di seluruh Indonesia.

 

Pada tahun 2018, laporan indeks Kota Toleran yang dilakukan Setara Institute pernah menuai kontroversi, terutama dari pemerintah daerah yang kotanya masuk ke dalam kategori kota paling tidak toleran. Namun menurut Doktor Ilmu Politik dari University of Notre Dame, Nathanael Gratias Sumaktoyo, dari segi metodologi, studi yang dilakukan Setara Institute sudah baik dibanding studi-studi serupa yang telah Setara Institute lakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut Nathanael, metodologi penelitian Kota Toleran dapat dipertanggungjawabkan dan dalam hal ini Setara Institute sudah cukup terbuka dengan sumber data mereka.

 

Kendati demikian, Nathanael menerangkan bahwa setiap studi indexing memiliki kelemahan atau kekurangannya sendiri, tergantung pada metodologinya. Setiap indeks, akan mengukur dan memotret fenomena dari sudut pandang yang berbeda. Indeks-indeks tersebut tidak dapat memberikan gambaran utuh atau lengkap dari suatu fenomena.


Sobat Revmen, tidak ada satu indeks atau pengukuran yang bisa menangkap secara mutlak suatu fenomena abstrak seperti toleransi. Namun studi tersebut tetap dapat memberikan masukan mengenai toleransi. Jika Sobat Revmen tinggal di salah satu kota yang dianggap paling toleran di Indonesia, Sobat Revmen harus berbangga dan harus mempertahankannya. Sebab kita membutuhkan lebih banyak energi toleransi untuk Indonesia. Sementara bagi Sobat Revmen yang kotanya belum masuk ke dalam indeks 10 kota paling toleran, masih selalu terbuka peluang untuk memperolehnya. Mari bersama kita tanamkan sikap toleransi, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan terus meluas ke tengah masyarakat. #AyoBerubah


Referensi:

 

Kompas.com. (2021). Available at: https://nasional.kompas.com/read/2021/02/25/20442271/10-kota-dengan-skor-toleransi-tertinggi-menurut-setara-institute?page=all#:~:text=Dalam%20laporan%20tersebut%20terdapat%2010,%2C%20dan%20Bekasi%20(5%2C530). Diakses tanggal 21 Mei 2021.

 

Tirto.id. (2018). Available at: https://tirto.id/di-balik-kontroversi-indeks-kota-toleran-dari-setara-institute-dbvg. Diakses tanggal 21 Mei 2021.

 

 

Penulis: Robby Milana

Editor: Wahyu Sujatmoko

Komentar pada Berita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: