Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Mulai Dari Puntung Rokok

  • 16 November 2020

Mulai Dari Puntung Rokok

Seberapa sering kita melihat puntung rokok dibuang sembarang, di jalan, di pedestrian, di gang-gang sempit, di selokan, di sungai, di pantai, di laut, hingga di gunung. Di setiap jengkal tanah bangsa ini boleh jadi hadir pelbagai jenis puntung rokok.

Sebagian orang boleh jadi tidak tahu, atau tidak mau tahu akan bahaya membuat puntung rokok bagi lingkungan, antara lain;

1. Sulit Terurai, sampah puntung rokok memang terlihat sepele dan kecil, namun sampah jenis ini masuk dalam kategori yang sulit untuk diurai oleh organisme yang ada di lingkungan.

2. Polusi Air,  sampah puntung rokok mengandung senyawa berbahaya bagi kondisi air, seperti microplastics, micofibres, dan plastik selulosa yang sangat sulit terurai oleh lingkungan, sehingga berpotensi besar mencemari kualitas air suatu lingkungan.

3. Meracuni Hewan, hewan tidak dapat membedakan sumber makanan, adapun sampah puntung rokok ini dapat mengecoh unggas dan biota laut karena beranggapan bahwa sampah tersebut sebagai sumber makanan mereka.

Tiga hal di atas pasti sudah diketahui oleh semua orang sehingga kadang banyak yang menganggapnya remeh. Namun tak ada setiap dari kita yang masih membuang sampah puntung rokok disembarang tempat untuk lebih peduli terhadap lingkungan. Demi Lingkungan Indonesia Yang Lebih Baik

Komentar pada Karya Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: