Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Kembalikan Kesopananmu Anak Muda !

  • 16 November 2020

Kembalikan Kesopananmu Anak Muda !

Pernah dengar cerita soal anak Sultan yang ditertawakan beberapa anak muda saat menyeberang di salah satu mall besar di Jakarta?. Saat ia diseberangkan oleh petugas keamanan, ia mengucapkan terimakasih kepada yang menyeberangkan, lalu ada anak-anak muda yang berjalan bergerombol di belakangnya yang cekikikan dan menyebutnya norak.

Sedih, ngga dengernya?. Saya sedih sekaligus sakit hati. Saya tidak rela anak-anak muda negeri ini begitu meremehkan sopan santun. Saya pun mulai menerapkan (kembali) aturan sopan santun pada anak-anak saya yang saya harapkan bisa menular sedikit demi sedikit ke lingkungan sekitar dan meluas lagi dan lagi di seluruh Nusantara.

Saya mengingatkan anak-anak untuk selalu:

  1. Mengucapkan terimakasih setiap mendapat pertolongan sekecil apapun itu, seremeh apapun itu, bahkan kepada supir bus dan kenek yang busnya kita naiki, kepada tukang parkir yang menyeberangkan kita, dst.
  2. Saat hadir di suatu acara, memberi salam dan berjabat tangan kepada teman, keluarga, terutama orang lain yang lebih tua.
  3. Mengucapkan maaf jika melakukan kesalahan apapun baik yang sengaja maupun tidak.

Tiga hal di atas pasti sudah diketahui oleh semua orang sehingga akadang banyak yang menganggapnya remeh. Namun tak ada salahnya untuk mengingatkan orang lain agar melakukan 3 hal di atas, terutama kepada anak-anak saya, anak muda Indonesia :)

Komentar pada Karya Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: