Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

OIF UMSU Melakukan Pelatihan Teleskop Bersama SMA SAINS ALQURAN AL-AMMAR

Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU)
  • 23 Desember 2020

OIF UMSU Melakukan Pelatihan Teleskop Bersama SMA SAINS ALQURAN AL-AMMAR



Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (OIF UMSU) merupakan sebuah lembaga di UMSU yang bergerak di bidang ilmu falak (astronomi). Dalam rangka mengenalkan ilmu falak kepada masyarakat, OIF UMSU memiliki beberapa kegiatan seperti penelitian, pengabdian, pelatihan, dan edukasi tentang ilmu falak (astronomi). Bekerja sama dengan Kemenko PMK dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, OIF UMSU memperkenalkan ilmu falak kepada masyarakat  sebagai implementasi gerakan indonesia melayani, sehingga masyarakat dapat mengetahui manfaat dari ilmu falak.

 

Pada hari Senin tanggal 14 Desember 2020, OIF UMSU melakukan kegiatan pelatihan teleskop bersama dengan siswa SMA SAINS ALQURAN AL-AMMARSMA SAINS ALQURAN AL-AMMAR merupakan sekolah Sains dan teknologi berbasis Qur’an dan dengan program tahfidz Qur’an yang beralamat di Jl. Limau Manis, Medan Sinembah, Tj. Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20362. Pelatihan ini merupakan rangkaian kegiatan dari “Pemanfaatan Fasilitas Oif Umsu dalam Pengenalan Ilmu Falak dan Manfaatnya Bagi Pelajar, Mahasiswa, dan Masayarakat di Kota Medan dan Sekitarnya” yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

 

Pelatihan ini diadakan di markas OIF UMSU yang berada di lantai 7 kampus pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara jalan Denai No. 217, Medan. Pelatihan diikuti oleh 1 orang siswa yang terdiri dari 7 orang siswa dan 7 orang siswi. Para siswa juga ditemani 2 orang guru dan kepala sekolah yang sangat antusias mendengarkan materi yang disampaikan.

 

Pelatihan teleskop ini dipandu oleh saudara Abu Yazid Raisal, M.Pd yang menjabat sebagai koordinator bidang penelitian di OIF UMSU. Pelatihan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pemaparan materi, melihat jenis-jenis teleskop yang ada di OIF, dan praktik pengamatan menggunakan teleskop. Pemaparan materi dilakukan di ruang planetarium OIF UMSU. Para peserta pelatihan dikenalkan dengan jenis-jenis telekop yang ada yaitu teleskop refraktor, reflektor, dan katadioptri. Para siswa juga dikenalkan dengan jenis-jenis mounting atau dudukan teleskop yaitu mounting altazimut dan ekuatorial. Selain itu, para peserta juga dikenalkan dengan teleskop handmade yaitu teleskop yang dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

 

Setelah mendengarkan materi, kegiatan dialnjutkan dengan berkunjung ke ruang instrumen OIF UMSU. Di ruang instrumen, para peserta dikenalkan dengan teleskop-teleskop yang dimiliki oleh OIF UMSU. OIF UMSU memiliki semua ketiga jenis teleskop yaitu teleskop refraktor, reflektor, dan katadioptri. Para peserta sangat antusias ketika diperlihatkan teleskop yang sebenarnya. Setelah berkunjung di ruang instrumen, para peserta juga diajarkan cara mengamati benda dengan menggunakan teleskop. Di tengah masa pandemic Covid-19, pelatihan ini menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan dapat tetap berjalan dan pandemi cepat berakhir.


Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan para siswa terhadap ilmu falak (astronomi) agar para siswa dapat bersaing di era globalisasi. OIF UMSU berusaha untuk meningkatkan pelayanan public dalam mengenalkan ilmu falak kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang diusung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: