Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Kunjungi Portofolio dan Kiyotime, 30 Studentpreneur Universitas Teknokrat Indonesia Belajar Strategi Pengembangan Bisnis

Kunjungan mahasiswa Universitas Teknokrat ke Portofolio dan Kiyotime
  • 18 Desember 2020

Kunjungi Portofolio dan Kiyotime, 30 Studentpreneur Universitas Teknokrat Indonesia Belajar Strategi Pengembangan Bisnis

Kamis, 10 Desember 2020, wirausahawan mahasiswa dari Universitas Teknokrat Indonesia melakukan Site Visit atau kunjungan ke bisnis-bisnis kreatif di Bandarlampung. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan "Gen Z Membangun Negeri untuk Indonesia Mandiri" yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusa dan Kebudayaan serta Forum Rektor Indonesia (FRI). Sesi pertama Site Visit adalah kunjungan ke Portofolio. Portofolio adalah wadah penggiat industri kreatif anak muda di Lampung dalam membuat produk seni yang tadinya hanya bisa dilihat menjadi produk yang dapat digunakan. Terletak di jalan Jenderal Sudirman no 103 Bandarlampung, Portofolio menyediakan galeri (show room) produk-produk kreatif mulai dari Nada Label, Triceat, Lalla, Kenakan, Von Gems, Mordelahoya, Elguilare, Ical’s craft, Yepodda, Sarahtuqathelabel, Mebelokal, Cipta Semseta, Rstcraft, Hanifahatta, Destiantos March.


Dalam kujungan di Portofolio, mahasiswa belajar untuk mengenal jenis-jenis usaha kreatif dan mempelajari semangat di balik brand-brand kreatif yang sedang berkembang. Mahasiswa mendapatkan sesi diskusi langsung dengan Owner Portofolio, Remia Putri Wulandari. Dimoderatori oleh Jafar Fakhrurozi, M.Pd., dosen Universitas Teknorkat Indonesia, Remia menyampaikan ke mahasiswa tentang pentingnya semangat kolaborasi dan memperluas networking untuk membangun sebuah usaha. Remia juga menyampaikan bahwa “kita bisa dipertemukan dengan wirausahawan dan seniman lainnya melalui sebuah event. Disitulah kita harus memberanikan diri berkenalan, memperkenalkan bisnis dan berbagi kontak. Siapa tahu ada kesempatan untuk berkolaborasi”


Site visit berikutnya adalah kunjungan ke Kiyotime di jalan Prof. M. Yamin No.32, Rawa Laut, Kec. Tj. Karang Timur, Bandarlampung. Kiyo Time merupakan salahsatu unit usaha grup Palapa 44. Di site visit ini, mahasiswa belajar bagaimana membangun bisnis Food and Baverage (F & B) yang dapat bertahan. Mahasiswa berkesempatan diskusi langsung dengan salah satu co-founder Palapa 44, Rajib Abi Bakri, dan mendapatkan wawasan tentang berbagai strategi pemasaran dan strategi pengembangan usaha. Rajib menambahkan “Kita tidak perlu terlalu idealis dalam membuka usaha dari segi fisik, tapi strategis dengan melihat bagaimana modal kita saat ini dan peluang pasar yang ada. Lalu, selalu percaya bahwa tempat kita akan ramai. Di Kiyo, saya sengaja membeli kursi dalam jumlah banyak agar saya terus mencari cara kafe ini ramai setiap harinya.” Sesi ini diakhir dengan tanya jawab interaktif dari mahasiswa.

Mahasiswa peserta Site Visit “Gen Z Membangun Negeri untuk Indonesia Mandiri” ini mengaku sangat termotivasi dengan pengalaman dari kedua pembicara khususnya dalam mengembangkan bisnis dan memperluas pasar. 

Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: