Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Kampus Teknokrat Tanamkan Semangat Indonesia Mandiri Melalui Webinar Kewirausahaan Kreatif

Webinar Gen-Z untuk membangun negeri mewujudkan indonesia mandiri
  • 15 Desember 2020

Kampus Teknokrat Tanamkan Semangat Indonesia Mandiri Melalui Webinar Kewirausahaan Kreatif

Selasa, 9 Desember 2020, Universitas Teknokrat Indonesia menggelar webinar berskala nasional tentang kewirausahaan kreatif. Kegiatan ini merupakan rangkaian Creativepreneur Bootcamp “Gen Z Membangun Negeri untuk Indonesia Mandiri” yang didukung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dan Forum Rektor Indonesia. Webinar ini diikuti oleh 321 peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa atau generasi Z. Peserta datang dari kampus-kampus di Lampung dan di luar Lampung. 


Webinar ini diawali dengan sambutan Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrullah Yusuf, SE, MBA. Acara dibuka oleh Ketua Forum Rektor Indonesia, Prof. Dr. Arif Satria. Dalam sambutannya, Prof. Arif Satria menyampaikan bahwa growth mindset untuk para Gen Z sangatlah penting. Selain itu, Prof. Arif Satria juga menyampaikan bahwa di era saat ini kita tidak hanya melihat dan menerapkan best practice tetapi juga future practice agar sukses di masa depan.


Sesi pertama webinar diisi dengan materi “Personal Branding dan Business Branding” yang disampaikan oleh Zata Ligouw, seorang praktisi personal branding dari BrandingYou. Zata menyampaikan pentingnya personal branding secara digital di era saat ini, terutama untuk Gen Z, namun tetap harus otentik dan maksimal menampilkan apa yang kita miliki.  Disamping itu, Zata juga memberikan strategi untuk memaksimalkan deskripsi diri pada akun LinkedIn sehingga mahasiswa akan terus termotivasi untuk memperbaiki diri dalam membangun personal branding. Zata, yang juga merupakan content creator, juga menyampaikan bahwa penting sekali untuk membuat akun media sosial pribadi dan bisnis, yang bisa saling mendukung. Kuncinya adalah terus belajar mencari strategi digital yang mudah dan menarik untuk calon konsumen.

Sesi kedua webinar kedua mengangkat tema “Building Creative Business” dengan pembicara Khaleed Hadi Pranowo dan Eka Satiadharma. Khaleed yang merupakan founder Impala Networks menyampaikan pentingnya kolaborasi dengan individu dan komunitas dan melihat perbedaan usia bukan sebagai penghalang. Khaleed juga menyampaikan pentingnya mengelola keuangan dengan rapi dan strategi pengembangan bisnis harus rasional dengan keadaan keuangan saat ini. 


Webinar dilanjutkan dengan pemaparan dari Eka Satiadharma, founder Kopi Anjis. Eka memaparkan strategi kreatif dalam memasarkan Kopi Anjis hingga dikenal saat ini. Eka memulai materinya dengan bercerita bahwa “everyone is marketer”. Hal ini diterapkan Eka melalui sistem internship dari kalangan mahasiswa agar memperkenalkan Kopi Anjis lebih luas ke kampus mahasiswa intern. Suasana nyaman dan keberadaan panggilan shalat dengan bahasa Sunda, Indonesia dan Inggris adalah hal lain yang Eka bagikan untuk menceritakan sebuah customer journey di kafenya. Dengan pemaparan ini, peserta webinar disadarkan arti penting sebuah kreativitas untuk menarik pelanggan sehinga akhirya pelangganlah yang membantu mengviralkan usahanya.

Di masa pandemi ini, Khaleed dan Eka berpesan kepada mahasiswa wirausahawan muda agar terus menjalankan usahanya, melihat keuangan bisnis, dan menciptakan inovasi dari segala lini untuk membuat bisnis bertahan. Kuncinya adalah tidak boleh berhenti untuk berkreasi dalam bisnis. 

Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: