Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Gerak IPB untuk Indonesia Mandiri, Berdedikasi Lewat Selam, Wirausaha hingga Seni

Gerak IPB untuk Indonesia Mandiri, Berdedikasi Lewat Selam, Wirausaha hingga Seni
  • 23 Desember 2020

Gerak IPB untuk Indonesia Mandiri, Berdedikasi Lewat Selam, Wirausaha hingga Seni

Gerak IPB untuk Indonesia Mandiri, Berdedikasi Lewat Selam, Wirausaha hingga Seni
IPB University menginisiasi gerakan kreatif untuk Indonesia Mandiri melalui Selam Bagi Penyandang Disabilitas, Pelatihan Wirausaha dan Kompetisi Cultural Voice Over bersama Forum Rektor Indonesia (FRI) melalui program Revolusi Mental yang diusung oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Kegiatan yang diadakan meliputi webinar, pelatihan menyelam dengan spesialisasi khusus pendamping penyandang disabilitas, pelatihan dan seleksi wirausahawan muda hingga kompetisi Voice Over nasional.

Pada kegiatan pelatihan selam, Direktur Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir IPB University, Dr Alim Setiawan menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari Gerakan Indonesia Mandiri dimana IPB University melaksanakan kegiatan CEO School dan IPB Voice Over.

“Kebetulan juga pelatihan ini digelar berdekatan dengan peringatan hari Disabilitas Internasional tanggal 3 Desember 2020 lalu,”tambahnya.

Dondy Arafat salah satu instruktur selam menyatakan bahwa siapapun bisa belajar selam asal ada keinginan dan mematuhi standar keamanan dan keselamatan.

“Kegiatan selam dan disabilitas memang sudah dilakukan sejak lama namun masih bersifat eventual saja. Hal ini karena sumber daya instruktur dan pendamping belum banyak tersedia, dimana kegiatan masih terkonsentrasi di Bali. Kami menyambut baik ketika IPB University mengadakan pelatihan untuk instruktur dan pendamping selam bagi penyandang difabel,” ujar instruktur trainer untuk instruktur dan pendamping penyelam difabel dari Bali ini.

Sementara itu, menurut Beginer Subhan, dosen IPB University yang juga Kepala Laboratorium Selam Ilmiah dan Pakar Terumbu Karang, IPB University menjadi perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki instruktur selam yang bisa menyelenggarakan pendidikan selam bagi penyandang difabel.

Selain Selam Ilmiah, IPB juga memelopori Gerak Indonesia Mandiri melalui Kompetisi Seni, yaitu IPB Cultural Voice Over Competition dimana masyarakat dapat mengekspresikan minatnya melalui kompetisi ini. Dino Sabyan, salah satu Announcer di Megaswara FM mengatakan bahwa kompetisi ini sangat menarik untuk diikuti karena selain mengenalkan seni budaya yang ada di Indonesia, namun juga mengajak masyarakat untuk aktif dalam kegiatan kreatif agar tetap bisa mandiri.

Exist in Exist sebagai salah satu juri pun juga setuju.

"Terimakasih untuk semua pendaftar, karya-karya nya keren banget, semoga melalui kegiatan ini semangat kita terus bertambah untuk majunya negara tercinta. Ayo berkreasi untuk Indonesia Mandiri!" imbuhnya.

Pelatihan wirausaha juga dilaksanakan sebagai wujud nyata IPB untuk mencetak wirausaha mandiri.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mencetak wirausaha muda dari masyarakat, sehingga Indonesia akan terus bertumbuh melalui munculnya wirausaha baru." kata Ahmad Mufid sebagai ketua pelaksana kegiatan ini.

IPB senantiasa akan melaksanakan kegiatan kreatif untuk terus mendukung Gerak Indonesia Mandiri sebagai wujud bakti perguruan tinggi negri.


Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: