Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Bangkitkan UMKM, KMHDI selenggarakan Gerakan Bantu UMKM Hadapi Pandemi

Bangkitkan UMKM, KMHDI selenggarakan Gerakan Bantu UMKM Hadapi Pandemi sebagai implementasi Revolusi Mental
  • 07 Januari 2021

Bangkitkan UMKM, KMHDI selenggarakan Gerakan Bantu UMKM Hadapi Pandemi

Jakarta (20/12), Pandemi Covid-19 berdampak ke seluruh faktor salah satunya adalah faktor ekonomi.  Atas dasar tersebut, Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) bekerjasama sama dengan Kemenko PMK menyelenggarakan Gerakan bantu UMKM. Kegiatan ini merupakan bentuk implementasi Revolusi Mental khususnya menunjang kemandirian bangsa.

Ketua pelaksana I Made Sudana Yasa mengatakan, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) adalah sektor usaha yang paling besar merasakan dampaknya. Dengan modal yang sedikit, UMKM lebih rentan terhadap krisis dari pandemi Covid-19. Kegiatan yang dilaksanakan tanggal 19-20 Desember 2020 di Badan Penghubung Provinsi Bali, Cikini diikuti oleh 20 peserta dari berbagai sektor usaha. Mengusung tema "Kebangkitan UMKM Indonesia ditengah Krisis Covid-19", KMHDI memberikan pembekalan dan mengajak seluruh pelaku UMKM  meningkatkan omset penjualannya. Peserta diberikan materi, sharing sesion dan pembekalan untuk peningkatan kapasitas.


Meski sebelumnya UMKM sudah mendapatkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari pemerintah, namun pembekalan wawasan atau ide akan akan sangat baik untuk meningkatkan daya saing dan resiliensi untuk bangkit dari kesulitan yang dihadapi saat ini. Kegiatan ini ditujukan untuk memacu perubahan pola pikir, semangat etos kerja, dan daya saing pelaku UMKM untuk terus bergerak memperbaiki iklim ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dan masyarakat secara luas.

KMHDI memandang perlunya peran serta kelompok masyarakat berkolaborasi dengan pemerintah dan multi sektor untuk bergotong-royong melakukan gerakan perubahan, terlebih lagi di masa sulit seperti pandemi saat ini."Pandemi Covid-19 merupakan permasalahan bersama, sehingga diperlukan kerjasama dari seluruh elemen masyarakat untuk kembali membangkitkan dan mengatasi dampak dari musibah ini", tutup I Made Sudana Yasa. 


Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: