Jadilah Bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental!

Bangkitkan revolusi mental mahasiswa, UNP menggelar kompetisi Nasional

lomba penulisan esay dan pidato GNRM Universitas Negeri Padang
  • 07 Januari 2021

Bangkitkan revolusi mental mahasiswa, UNP menggelar kompetisi Nasional

Sebagai upaya mengaktualisasikan kembali Gerakan Nasional Revolusi Mental, Pusat Kajian Pancasila, Universitas Negeri Padang menggelar kompetisi penulisan Essay dan Pidato. Tema lomba berfokus pada bagaimana nilai-nilai luhur Pancasila dituangkan melalui gagasan Essay dan Pidato oleh generasi muda khususnya mahasiswa. Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 29 November sampai 9 Desember 2020.

Kompetisi yang diusung oleh Pusat Kajian Pancasila UNP merujuk dari program pemerintah dengan tema "Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) Melalui Partisipasi Masyarakat" yang berlangsung dari tahun 2020 sampai 2024. Program ini merupakan inisiasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI bekerja sama dengan Forum Rektor Indonesia yang pelaksanaannya diserahkan pada perguruan tinggi melalui pengajuan proposal.



Menurut ketua Pusat Kajian Pancasila UNP, Kompetisi ini bertujuan agar mahasiswa mampu menggali nilai-nilai luhur Pancasila sehingga  nilai-nilai luhur tersebut terinternalisasi dan kemudian diaktualisasikan dalam kehidupan. 

Dari mulai kompetisi ini dibuka, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 1014 orang yang tersebar  berbagai perguruan tinggi di Indonesia dari Aceh sampai Papua dengan perbandingan peserta lomba Essay 76,1 persen, dan lomba pidato 23,9 persen. 

Kompetisi Gerakan Nasional Revolusi Mental diumumkan pada 12 Desember 2020 yang dikemas melalui webinar yang menusung tema "Aktualisasi Gerakan Revolusi Mental dalam Bidang Pendidikan Sebagai Solusi Kebangkitan Pasca Pandemi".

Kegiatan tersebut mengundang Prof. Arif Satria sebagai keyonte speaker, serta dibuka langsung oleh Rektor Universitas Negeri Padang Prof. Ganefri, Ph.D. Rektor Universitas Negeri Padang menyampaikan apresiasi kepada Pusat Kajian Pancasila yang telah sukses mengangkat kegiatan ini serta kepada Ketua Forum Rektor Indonesia  yang telah membantu memfasilitasi kegiatan lomba GNRM.

Adapun pemenang lomba GNRM untuk kategori pidato adalah Harapan III diraih oleh I Made Riyan Cahyadi dari Prodi PPKN Universitas Pendidikan Ganesha, Harapan II diraih oleh Muhammad Ade Rizandi dari Ilmu HI Unand, Harapan I Felicia Guinevera Fayola dari Universitas Widya Dharma Pontianak.

Kemudian Juara III diraih oleh Zamna Fauzan dari Prodi Teknik Geofisika Unsyiah, Juara II Resi Ramadhanti dari Pendidikan Kimia Universitas Negeri Malang, dan Juara I dimenangkan oleh Faadz Haggi Al-Majhar dari Prodi PPKn Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Selanjutnya pemenang lomba GNRM kategori essay untuk Harapan III diraih oleh Siska Ona Mulyani dari Prodi PPKn UNP, Harapan II diraih oleh Angga Misbahuddin dari Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Harapan I diraih oleh Muhammad Akbar Makhbubi dari Dept Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Sepuluh November.

Berikutnya, Juara III diraih oleh Dicky Eko Prasetio dari Ilmu Hukum Universitas Negeri Surabaya, Juara II diraih oleh Indra Junaidi dari Prodi Pendidikan Luar Sekolah UNP, dan juara I dimenangkan oleh Diexy Inkha Pradana dari Prodi PPKn Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Adapun hasil karya peserta kompetisi ini akan dikompilasi dalam buku yang didaftarkan di ISBN.



Komentar pada Suara Kita Ini (0)

Tinggalkan Komentar

    • Dipos pada: