• 61
  • 2
  • 0
  • 0

Keterbukaan informasi publik menjadi inti bagi kinerja pemerintahan dewasa ini. Baik dari segi kuangan yang akuntabel, maupun dari segi kejelasan birokrasi. Namun sebelum membahas sesuatu yang lebih luas, ada hal-hal sederhana yang senyatanya mendukung gebrakan tersebut. Salah satunya adalah struktur organisasi desa, papan monografi dan alur birokrasi di kantor desa.

Tak sedikit yang memandang rendah struktur organisasi desa, karena siapa orang yang tidak tau siapa kepala desa? Siapa bendahara desa? Siapa yang menangani bagian persuratan desa? Memang pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak berlaku bagi perangkat maupun warga desa setempat, namun bagaimana dengan pendatang baru? Namun bagaimana bila ada mahasiswa dari univeristas lain yang ingin datang dan menyanyakan perizinan penelitian?

Begitu pula dengan papan monografi dan alur birokrasi. Mungkin keduanya tidak begitu penting di mata perangkat maupun warga desa. Namun bagi orang asing, keduanya sama pentingnya dengan mengetahui peta wilayah desa tersebut, Sehingga  informasi terkait struktur organisasi desa, data monografi, dan alur birokrasi sangat perlu untuk dipaparkan secara terbuka di ruang publik. Dengan diletakkannya informasi tersebut di ruang publik, masyarakat baik setempat maupun asing dapat mengetahui informasi apapun yang diperlukannya. Dan secara tidak langsung membawa perubahan pada sistem kerja bagi perangkat desa sendiri, yakni bisa bekerja secara efektif dan efisien.(yr)

2 PENDUKUNG