MENABUNG DI AWAL - BUKAN SISANYA
  • 218
  • 0
  • 2
  • 0

Menabung agar untung 
Hemat Pangkal Kaya ... 

Sering dengar ya peribahasa itu, bahkan sejak dini semenjak di bangku Sekolah Dasar sudah diajarkan kita untuk menabung. saat kita masih anak anak, remaja belum terbiasakan menabung, karena berfikir

apa yang mau di tabung,

berapa yang di tabung

apakah Bank menerima jumlah kecil ,,?

ah males ke bank kan ribet.. jauh ..

Begitu terus sampai kita dewasa, bekerja lalu menghasilkan uang sendiri akhirnya membuka rekening dan memiliki account Bank hanya untuk keperluan trasfer gaji lalu di mutasikan segera ke cash untuk di plot sesuai post post belanjanya . pada akhirnya setiap bulan angka dalam buku tabungan kadang tidak lebih besar dari buan sebelumnya selalu saja sisa tabungan tergerus , dengan adanya kebutuhan yang terus meningkat . baik kebutuhan primer maupun kebutuhan manja manja 

Berikut cara yang saya terapkan agar Menabung untuk untung bukan menjadikan rekening sebagai catatan mutasi numpang lewat. 

1. Sisihkan di awal , bukan Sisanya 

Kesalahan dalam menabung adalah : kita post post pengeluaran rutin , lalu mengurangi ya dari pendapatan bulan , jika ada sisa baru ditabung. Mulai lakukan sebaliknya. Tetapkan jumlah yang akan ditabung (diilhat dari saldo rata2 sisa bulan sebelumnya) lalu di awal tabungan sisakan jumlah yang ditabung, baru belanjakan sisa nya , cukup tidak cukup jumlah itulah yang akan di belanjakan setiap bulannya. 

2. Menabung juga Ibadah 

Niatkan bahwa uang yang kita tabung dapat digunakan manfaat nya untuk orang lain. toh uang kita dijamin oleh negara dan LPS . Dengan begitu kita merasa bahwa uang yang kita simpan ada manfaat nya. Kita dapat memilih Bank konvensional maupun yang Syariah sesuai keyakinan kita tentunya . Bagaimana cara agar tau uang kita bernilai manfaat bagi orang lain. 

3. Deposito kan uang dalam Jangka Tertentu 

Jika hanya mengendap dalam status rekening biasa, tentu uang kita akan dikenakan beban atas bunga. juga beban administrasi. Nah agar uang kita yang di tabung dapat dimanfaatkan oleh Bank , maka kita perlu men - depositokan uang yang kita tabung . Deposito kini jumlahnya lebih fleksibel , bahkan juga waktu nya dapat dipilih mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan bahkan 12 bulan. Artinya pada jangka waktu yang kita pilih uang kita tidak muncul saat kita cek di ATM atau M Banking , namun sebenarnya uang kita tetap ada dalam account. biasanya kita akan mendapaat manfaat deposito , pilih saja sesuai Bank yang kamu percaya dan yang memilik program yang kamu anggap paling untung. Keuntungan deposito juga diantaranya kita dianggap tidak memiliki uang sejumlah tersebut karena di mbanking dan ATM nya uang tak terlihat , hmhhh jadi ga tergoda belanja belanja tak perlu itu.

4. Tetapkan limit atas penggunaan Harian

Beberapa Bank dapat memilih fasilitas limit penggunaan harian Penggunaan saldo rekening melalu M Banking nya, ini untuk menghindari kebiasaan konsumtif kita atas belanja online yangs ekarang semakin mudah melakukan pembayaran baik melalui transfer maupun auto debit online 

5. Bukakan Rekening Anak

Beri pendidikan sejak dini mengenai Tabungan dan urusan perbankan kepada anak, semakin dini ia mengenal bank dan pengelolaan keuangan, maka akan terbiasa mengelola pola konsumtif dan keuangan nya, begitupun revolusi mental nya sejak dini. beberapa Bank ada yang memiliki kemudahan account tambahan untuk anak . Ada yang mendebit dari rekening utama, ada rekening pelajar maupun tabungan junior dengan status QQ ke orangtua. Bahkan ada juga yang kita dapat buatkan ATM tambahan dengan kita kelola rekening nya , ini dapat dimanfaatkan untuk mengirim uang jajan jika anak berstatus sekolah di asrama, jauh dari orangtua , atau mahasiswa.

Yups, semoga perubahan kecil dengan menabung di awal bukan di sisa , dapat merubah saldo tabungan kamu juga. Dapat menetapkan keinginan dan cita cita yang akan di raih di masa mendatang jangka pendek maupun jangka panjang. 



0 PENDUKUNG