Konsultasi ke Psikolog Berarti Kamu Gila (?)
  • 207
  • 3
  • 0
  • 0

Agaknya kalimat bernada serupa seringkali terdengar di masyarakat. Tidak sedikit orang yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk melakukan konseling lantaran mendapat citra buruk di masyarakat. Tidak sedikit pula dari mereka yang membatalkan niatnya untuk berkonsultasi kemudian menjadi tertekan dan menderita penyakit psikis atau yang memilih untuk mengakhiri hidup. Padahal, secara garis besar psikologi adalah sebuah bidang ilmu yang mempelajari terkait perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah.

Perihal sederhana seperti stress ringan merupakan persoalan psikologis. Gejolak ingin didengarkan namun merasa tidak ada yang cukup baik untuk mendengarkan juga merupakan persoalan psikologis. Bahkan persoalan emosi juga merupakan persoalan psikologis.

Kami bersepakat bahwa perlu dibuat suatu gebrakan untuk mematahkan stigma tersebut di masyarakat. Bahwa perlu adanya penanaman pemahaman baru, bahwa Psikologi bukan suatu hal yang tabu untuk dipelajari maupun dimengerti. Untuk itu, kami mengusung Sosialisasi Psikologi Kesehatan sebagai salah satu prgram kerja kami. Dimana masyarakat di Desa Semawung, Purworejo, diberikan pengertian mengenai apa yang dimaksud dengan emosi dan stress, bagaimana penanganannya, serta yang paling penting ialah bagaimana pencegahannya.

Dengan adanya edukasi ini, diharapkan masyarakat mengerti bahwa emosi dan stress bukan melulu hal yang negatif. Masyarkat menjadi mengerti bahwa emosi dan stress yang dikelola dengan baik justru dapat menciptakan motivasi. Dan yang paling penting, mengubah pemahaman bahwa datang dan konsultasi ke psikolog berarti kamu gila yang masih banyak beredar di masyarakat.(yr)


3 PENDUKUNG