Damaikan Indonesia dengan Islam Nusantara
  • 210
  • 0
  • 0
  • 0

Negara mayoritas muslim di dunia saat ini sedang menghadapi konflik berkepanjangan. Bukan Islam yang salah, namun pemahaman yang salah masih sering terjadi hingga berujung pada kekerasan.

Islam yang dipadu dengan budaya Nusantara dan bhineka tunggal ika menjadikan Islam yang ramah di bumi Indonesia. Bagaimanapun, muslim adalah mayoritas di Indonesia. Kalau yang mayoritas senantiasa menebarkan mental perdamaian. Maka damailah Indonesia.

Di pesantren kecil yang kami dirikan, nilai-nilai Islam yang penuh kasih sayang kami ejawantahkan dengan belajar bersosialiasi bersama beragam manusia. Walaupun beda agama, keyakinan, suku warna kulit dan sebagainya.

Kami namakan pesantren kami Ribath Ibadurrohman. Ribath artinya gubuk untuk belajar, sedang Ibadurrohman artinya para hamba yang hatinya dipenuhi dengan kasih sayang.

Ya. Karena kita awalnya dari rahim yang sama. Ibunda hawa. Berbeda-berbeda dalam berbagai hal adalah sunnatullah yang harus dijalani dengan cara bijaksana. Islam Nusantara sebagai jalan yang difasilitasi oleh Nahdlatul Ulama mempunyai tujuan serupa. Untuk sebuah bangsa yang damai, rukun, aman dan sejahtera.

بلدة طية ورب غفور...


0 PENDUKUNG