Bencana adalah Bencana, Bukan Tulah
  • 261
  • 2
  • 0
  • 0

Sebagaimana yang kita tahu, Indonesia terletak di antara tiga lempeng besar, yakni Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Keadaan ini membuat Indonesia rentan terkena bencana alam seperti gempa bumi maupun tsunami. Ditambah lagi dengan bencana yang terjadi hampir setiap tahun seperti banjir, badai, angin puting beliung dan kekeringan. Sayangnya keadaan yang demikian, belum cukup untuk menyadarkan masyarkat bertapa pentingnya mengetahui potensi bencana dan bagimana menghadapinya. Sebagian besar justru menganggap bencana sebagai suatu tulah atau hukuman dimana hal itu menjadi layak diterima suatu daerah.

Workshop Siaga Bencana tentu saja bertujuan untuk memberikan kesadaran mengenai bahaya-bahaya apa saja yang mungkin terjadi di lingkungan kita. Ketika mengetahui, maka secara naluriah kita akan berjaga-jaga atau setidaknya menyiapkan diri atas kemungkinan tersebut. Yang berusaha kami tekankan pada workshop ini adalah, bahwa penting untuk mempersiapkan barang-barang tertentu yang menjadi kebutuhan saat terjadi bencana. Langkah sederhana adalah dengan mengenalkan survival kit kepada anak-anak di SD Semawung, Purworejo, Jawa Tengah.

Survival kit ini memuat barang-barang yang kemungkinan besar akan dibutuhkan untuk bertahan saat terjadi bencana. Diantaranya seperti pakaian, makanan, air, ponsel, radio, korek, uang, peralatan medis sederhana dan sebagainya. Di samping itu, diberikan pula pengajaran terkait pentingnya belajar berlindung saat terjadi bencana. Seperti bersembunyi di bawah meja atau menuju tempat yang lapang saat terjadi gempa, atau penekanan untuk belajar berenang.

Dengan menjadi masyarakat yang siaga, diharapkan masyarakat memahami bahwa bencana dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Pada saat terjadi bencana, masyarakat yang siap dapat meningkatkan harapan hidup atau mengurangi jumlah korbannya. Terlebih lagi, masyakarat yang siap siaga akan mengetahui bahwa bencana adalah bencana dan bukan merupakan sebuah tulah. (yr)


2 PENDUKUNG