Aksi Nirkekerasan
  • 154
  • 2
  • 0
  • 0

Kehidupan seorang manusia sebagai makhluk sosial membuatnya tidak akan pernah lepas dari interaksi antar sesama manusia. Ketika interasi itu terjadi, tidak menyingkirkan kemungkinan terjadinya gesekan dan bahkan benturan kepentingan. Pertentangan yang kadang menimbulkan konflik, kemarahan dan bahkan kekerasan. Sejalan dengan gerakan nasional revolusi mental, diperlukan edukasi kepada masyarakat bahwa kekerasan tidak melulu dibalas dengan kekerasan, melainkan ada cara-cara damai.

Sehingga pertama-tama masyarakat perlu mengetahui bahwa aksi nir kekerasan adalah aksi individual yang membebaskan diri dari tindakan-tindakan yang dapat menyakiti diri sendiri dan pihak lain dlaam kondisi apapun. Bahwa aksi nirkekerasan dapat menjadi gerakan sosial untuk menolak kekerasan yang terjadi dalam masyarakat. Setidaknya ada 198 metode nirkekerasan untuk menghadapi kekerasan namun untuk lebih mudah dipahami, kami menyampaikan kurang lebih 20 metode saja.

Edukasi perihal aksi nirkekerasan ini bertujuan untuk melawan kekerasan yang sudah ada. Dengan demikian, masyarakat umum mengetahui kekerasan tidak melulu dibalas dengan kekerasan. Melainkan ada aksi-aksi lain untuk merespon tindakan kekerasan tersebut yakni dengan aksi perdamaian.(yr)


2 PENDUKUNG