Press Release

Gerakan Nasional Revolusi Mental Hadir dalam acara Pro2 Indie Fest

13 Dec 2016

Kementerian Koordinator

Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan

Republik Indonesia

 

Jakarta, Pro2 Indie Fest Car Free Day (11/12)--- Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) sebagai suatu gerakan sosial bagi bangsa Indonesia bertekad mewujudkan tertanamnya nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an sesuai tiga pilar Trisakti. Revolusi Mental adalah perubahan secara cepat dalam cara pikir, cara kerja, cara hidup dan sikap serta perilaku bangsa Indonesia yang mengacu nilai-nilai strategis yaitu integritas, etos kerja dan gotong royong berdasarkan Pancasila yang berorientasi pada kemajuan, agar Indonesia menjadi negara yang maju, modern, makmur, sejahtera dan bermartabat. Sejak resmi digulirkan dan terus berjalan dalam waktu dua tahun terakhir, GNRM terus menyebarkan gerakan sosial ke semua lapisan masyarakat.

Dalam mengimplementasikan nilai-nilai Revolusi Mental, telah ditetapkan 5 (lima) gerakan perubahan yakni, Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Tertib , Gerakan Indonesia Mandiri dan Gerakan Indonesia Bersatu. GNRM pagi ini menggelar kegiatan Sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan melibatkan partisipasi kelompok pemusik dari grup non label dimana penyelenggara kegiatan adalah ASKOMINDO ( Asosiasi Komunitas Musik Indonesia ) dan RRI Pro2 FM di halaman RRI Jakarta, Jl, Medan Merdeka Barat No. 4-5 Jakarta Pusat dimana bertepatan dengan Car Free Day. Harapannya, bentuk nyata GNRM yang terjabarkan dalam lima gerakan perubahan dapat dipahami dan mampu mengajak komunitas musik band non label dan para pendengarnya melaksanakan nilai-nilai revolusi mental dan lima gerakan sosial GNRM.

Revolusi Mental akan berhasil apabila dijalankan secara bersama-sama baik dari pemerintah, partisipasi dunia usaha, dan seluruh lapisan masyarakat.  Aksi nyata GNRM hari ini merupakan upaya mengapresiasi dan mewadahi ekspresi anak muda di bidang seni musik. Harapan dari kegiatan ini adalah memberikan ruang kreativitas bagi generasi muda dan memberikan hiburan yang sehat, cerdas serta bertanggungjawab.    

Target sasaran acara ini adalah pengunjung Car Free Day termasuk didalamnya pendengar musik indie. Acara ini akan menampilkan 10 band indie yang terseleksi dari 100 band yang telah terdaftar sebelumnya. Selain itu, kegiatan ini juga menampilkan 3 Modern Dance, 1 Dance serta dimeriahkan oleh 5 artis remaja Jakarta.  Dengan target diatas, pengunjung Car Free Day dapat menikmati hasil karya para peserta dengan muatan utama berupa edukasi terkait nilai-nilai revolusi mental dan lima gerakan sosial GNRM.

Acara ini dibuka oleh Direktur Program dan Produksi RRI, Bapak Soleman Yusuf, disiarkan melalui FM 105,0 MHZ dan dapat diakses melalui aplikasi RRI Play, live streaming video corner RRI serta kanal Youtube. Detil artis atau band peserta yang hadir adalah Midnight Quicky, Angela Vero, Sheila Dara, Abenk Alter X Bleu Clair. 10 Band indie yang telah diseleksi antara lain David And Wood Chair, Cold Coffee, Magnesence, Dua Pintu, Hecate, Foltane, Dr Freak, Play Your Plan, Basic Evolution dan Sheriff And Gun.  Grup dance yang hadir antara lain Ramdreita Saman Dance, Beat Dance Tarantallegra. Kegiatan Sosialisasi GNRM juga akan mengajak pengunjung bertanya jawab melalui kuis dengan hadiah-hadiah menarik bagi pengunjung CFD.