Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Waroeng Rakyat Gelar Revolusi Mental Bareng Kemenko PMK

Peningkatan kapasitas dan kualitas suatu bangsa melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul merupakan tugas bersama dalam menciptakan bangsa yang kuat dan Negara yang makmur. Melalui SDM yang unggul, tangguh dan berkualitas baik secara fisik dan mental akan berdampak positif tidak hanya terhadap peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa, namun juga dalam mendukung pembangunan nasional.

Dalam menjawab tantangan tersebut Waroeng Rakyat, bersama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dan Desa Lebak Siuh, menggelar forum diskusi 2 Hari lebih Dekat Bersama Rakyat dengan tema ‘Desa Agung Negara Luhung’, di Desa Lebak Siuh, Kec. Ciawigebang, Kuningan.

Forum yang gelar selama dua hari yang jatuh pada tanggal, 10 -  11 Desember 2017 ini, dihadiri Wakil Bupati Dede Sembada ST, Perwakilan dari Kodim 0615 Kuningan, Perwakilan dari POLRES Kuningan, Kecamatan Ciawigebang, OKP & Tetangga desa. Dalam kegiatan ini, terdapat beberapa hal yang harus menjadi prioritas utama dalam pembangunan kualitas SDM antara lain; pertama adalah menggali nilai-nilai pancasila untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, menumbuh kembangkan kearifan lokal masyarakat agar kembali eksis ditengah zaman kekinian dan melaksanakan transformasi nilai-nilai dasar Pancasila kepada setiap warga negara sehingga menjadi budaya.

Dalam kegiatan ini, Ketua Forum Diskusi Waroeng Rakyat, Ageng Sutrisno Wisanggeni Wicaksono mengatakan kegiatan ini dibuat untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menyentuh masyarakat melalui progra Revolusi mental yang sesuai dengan Nawa Cita Presiden Jokowi. “Manfaatnya tentu banyak bagi masyarakat agar terwujud masyarakat yang mampu mengikuti perkembangan zaman namun tidak lupa akan nilai luhung budayanya.” Ujarnya.

Asdep Nilai & Kreativitas Budaya, Kemenko PMK Iwan Eka menambahkan, ada empat gerakan revolusi mental sebagai topik yang terdiri atas gerakan Indonesia Melayani, gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia tertib, dan gerakan indonesia mandiri. “Gerakan – gerakan seperti ini sangat sederhana bisa kita amalkan seperti tertib antri, buang sampah pada tempatnya, bijak dalam menggunakan media sosial, saling membantu dll”

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi positif dari para peserta yang hadir, baik para aparat Desa Lebaksiuh maupun masyarakat Desa Lebaksiuh. Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada ST, dirinya mengaku senang melalui kegiatan tersebut masyarakat khususnya Desa Lebaksiuh bisa lebih memahami revolusi mental dan bisa dilakukan dalam kehidupan sehari – hari.

“Kami sangat mengapresiasi acara yang digelar oleh kawan-kawan pemuda ini, selain tujuanya yang mulia yang yakni revolusi mental untuk masyarakat. Hal ini juga sangat baik dalam mewujudkan pembangunan bangsa dan negara sesuai tema yang diangkat yakni “Desa Agung , Negara Luhung” paparnya. [Ar]


Sumber foto : Kemenko PMK

0
0
19
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan