Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Tua-Tua Keladi Mbah Darmiyanto, Si Tukang Becak Peraih Medali

Tua-tua keladi, makin tua makin jadi. Ya, sebutan yang tepat untuk menggambarkan Mbah Darmiyanto (81), warga asal Salatiga, Jawa Tengah. Siapa yang sangka, sosok paruh baya yang sehari-hari mencari nafkah menjadi tukang becak itu ternyata juga penyabet medali di ajang Sudamericano Master de Atletismo 2017 di Santiago, Chile.

Sudamericano Master de Atletismo 2017 merupakan lomba lari taraf internasional yang diikuti oleh 21 negara, di antaranya Argentina, Brasil, Chile, Colombia, Ecuador, Paraguay, Peru, Australia, Itali, dan Mexico. Dalam ajang tersebut, Mbah Dar, begitu ia kerap disapa, meraih medali perunggu untuk kategori lari sejauh 10.000 meter, M80.

Rupanya kakek dari 10 cucu ini, memiliki kebiasaan unik. Mbah Dar biasa berlari dari rumahnya di Dusun Ngemplak Tugel, Desa Krandon Lor, Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, menuju pangkalan becaknya di Kota Salatiga yang berjarak sekitar 11 kilometer. Begitupun saat ia pulang, ia berlari ke Jalan Kemuning, tempat ia menitipkan becaknya hingga Dusun Ngemplak Tugel. 

Maka tak heran, selain memenangkan medali perunggu ajang Sudamericano Master de Atletismo 2017, Mbah Dar pun sarat prestasi lomba lari lainnya. Bahkan sejumlah negara pernah ia sambangi untuk mengikuti ajang lomba atletik, baik saat masih muda atau setelah memasuki kelas pelari veteran.

Negara yang pernah didatanginya adalah Malaysia, Singapura, dan tahun lalu pada 25 Oktober 2016 di Australia. Saat itu, ia turun di jarak 200 meter, 400 meter dan 800 meter.

"Lumayan bisa meraih juara dan mendapatkan bonus. Di jarak 400 meter dapat juara 3, sedangkan jarak 200 dan 800 meter juara 6," ujarnya seperti di kutip Kompas.com.

Total hingga saat ini, Mbah Dar telah mengantongi 9 piala dan 171 medali dari berbagai lomba lari yang ia ikuti. Menurut rencana pada pertengahan November 2017, Mbah Dar akan mengikuti kejuaraan lari bertitel “South American Masters Athletics Championships” yang juga diadakan di Santiago, Chile. Rencananya, ia akan turun mulau dari nomor jarak pendek, menengah, dan jarak jauh.

"Saya sudah dipanggil ke kantor KONI Salatiga untuk mempersiapkan lomba atletik veteran di Amerika," ujar sosok cerminan Indonesia Mandiri itu dengan bangga. [An]


(Foto: detik.com)

0
0
101
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan