Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Sariban, Sang Pejuang Lingkungan Kota Bandung

Siapa yang tak kenal Kota Bandung, Jawa Barat. Kota Kembang yang dikenal sejuk dan indah ini kerap dijadikan tujuan wisata banyak orang dari berbagai daerah. Namun sayang, kini Bandung semakin padat lalu lintasnya, belum lagi sampah yang menumpuk di tepi-tepi jalan.

 

Dimulai dengan aksi nyata dari diri sendiri untuk kemudian menularkan kecintaan akan kebersihan kepada orang lain, semangat Indonesia Tertib sudah melekat dalam diri Sariban, pria berusia 74 tahun pensiunan PNS yang sehari-hari mengayuh sepeda onthel-nya berkeliling kota Bandung untuk bersih-bersih.

 

Dalam melaksanakan tugas sukarela itu, perlengkapan kebersihan seperti sapu lidi, tempat sampah, karung, capitan dan tang selalu tampak tergantung di keranjang sepeda miliknya, serta atribut-atribut bertuliskan "PEDULI LINGKUNGAN","JAGALAH KEBERSIHAN". Sariban juga kerap berorasi di pinggir jalan, "Mari kita bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," ucap Sariban lantang.

 

Awalnya banyak kalangan yang menilai aksi Sariban ini merupakan aksi konyol dan tidak masuk akal, bahkan ada yang beranggapan, Sariban sudah tidak waras alias gila. Anggapan tersebut dinilai wajar, dikarenakan saatini sangat sulit menemukan sosok relawan kebersihan lingkungan yang tak dibayar sepersen pun. Tetapi dengan berjalannya waktu, aksi Sariban tersebut semakin mendapat respon positif dari banyak kalangan.

 

Lama-kelamaan warga Bandung semakin sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kabar mengenai Sariban. kabar mengenai Sariban juga sampai ke telinga para penyelenggara pemerintahan. Bebagai penghargaan sudah diberikan, namun tak membuat Sariban berpuas diri, tetap saja bersih-bersih Bandung dilakukan setiap hari termasuk mencabuti paku-paku yang tertambat di pohon-pohon. Lama kelamaan, sosoknya bertransformasi mejadi salah satu ikon kota Bandung, banyak stasiun televisi lokal dan nasional yang menjadikannya profil dalam berita.

 

Sariban seharusnya, menjadi sosok inspiratif bagi generasi muda Indonesia. Di usianya yang telah lewat senja, dia tetap semangat dengan passion-nya sebagai pecinta lingkungan dan terus mengkampanyekan aksi bersih-bersih.

 

Lantas, bagaimana dengan kita yang masih muda, sehat, kuat, cerdas, dan masih penuh vitalitas? Lingkungan kita tidak akan bersih hanya dengan kesibukan kita ber-gadget ria, bukan?. [Is]


Sumber foto: http://www.tribunnews.com

 

0
0
17
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan