Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Salut! Sabar Gorky Taklukan Puncak Tertinggi Eropa Walau dengan Satu Kaki

Mendaki gunung bukan hal yang mudah dilakukan setiap orang. Apalagi mencapai puncak gunung-gunung tertinggi di dunia. Sosok Sabar Gorky (49) sepertinya sudah sangat populer di kalangan pecinta olahraga panjat dinding ataupun para pendaki gunung. Tak hanya dikenal di Tanah Air, namanya juga sudah mendunia. Sosoknya ramah, memiliki intergritas serta etos kerja yang tinggi dan inspiratif.

Pria asal Kota Solo ini, merupakan seorang tunadaksa yang hanya memiliki kaki kiri. Sabar harus merelakan kaki kanannya lantaran terlindas kereta api pada 1990an. Dengan satu kaki, Sabar dari 2011-2016, sudah menaklukan tiga puncak gunung tertinggi. Ketiga puncak itu adalah Gunung Elburs di Rusia dengan ketinggian 5.642 meter di atas permukaan laut mdpl, Gunung Carstenzs di Papua dengan ketinggian 4.884 mdpl, dan Gunung Kilimanjaro di Tanzania dengan ketinggian 5.895 mdpl. Tak hanya itu, Ia juga pernah menggowes sepeda dari Solo menuju Bali pada tahun 1999 silam dalam kegiatan ‘Tour Tunggal Si Kaki Tunggal’.

Begitu banyak prestasi yang mampu Ia raih, namun Sabar mengaku momen paling membanggakan ialah saat kompetisi di Korea. “Di sana dapat mendali emas dan bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya. Di situ disuarakan beramai – ramai,” ujar Sabar seperti yang terlansir di brilio.net.

Sedangkan Gorky adalah julukan yang disematkan oleh staf Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Indonesia untuk Federasi Rusia, Hamid Awaludin. Sematan nama ini diberikan saat Sabar baru saja berhasil mencapai puncak Mt. Elbrus 17 Agustus 2011 lalu.

Nama “Gorky” diambil dari bahasa Rusia yang berarti “pahit”. Meski demikian, Sabar Gorky memaknai namanya sebagai hal positif dan memaknainya sebagai sebuah prinsip hidup. Bahwa sepahit apapun hidup kita, hidup haruslah tetap berjalan.[Ar/dbs]


Sumber foto: kompasiana.com

0
0
25
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan