Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Pemkot Madiun Terjunkan Relawan Untuk Banjir-Longsor Di Pacitan

Bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan, Jawa Timur, menggugah perhatian Pemkot Madiun dengan memberangkatkan petugas relawan, Rabu 29 November 2017.

Setelah sampai Pacitan, dengan semangat, intgritas dan etos kerja yang baik para relawan dari Kota Madiun bertugas membantu evakuasi, dapur umum, hingga penanganan pengungsi secara bergotong – royong.

‘’Kota Madiun salah satu tetangga daerah terdekat. Sudah seharusnya turut membantu,’’ kata Sekda Kota Madiun, H. Maidi, saat pemberangkatan relawan dari Balai Kota, Jalan Pahlawan, Kota Madiun.

Relawan yang diberangkatkan terdiri dari belasan petugas dari Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun. Petugas juga membawa satu unit ambulance dengan peralatan lengkap serta bantuan logistik. Mulai pakaian pantas pakai, bahan makanan siap saji, dan obat-obatan. Satu unit mobil untuk mengangkut logistik disiapkan. Petugas bakal bergabung dengan relawan dari daerah lain.

‘’Penanganan pertama penting dan menentukan. Tidak perlu banyak berfikir. Pokoknya langsung merapat dan bergabung dengan yang lain,’’ pesannya kepada relawan.

Koordinator petugas PMI Kota Madiun, Yulius Victoria, menyebut, tim PMI juga bakal bergabung dengan beberapa tim daerah lain. Mereka langsung menuju kantor PMI Pacitan untuk koordinasi lebih lanjut. Yulius menyebut tim bakal terbagi dalam beberapa tindakan penangan. Mulai evakuasi, dapur umum, hingga penanganan korban selamat. Bukan hanya merawat korban luka, petugas juga menangani secara psikis. Utamanya korban anak-anak.

‘’Prinsipnya petugas siap membantu di lapangan. Tinggal nanti apa yang dibutuhkan dan melihat kondisi di sana,’’ terang Yulius, sembari menyebut petugas direncanakan hingga masa tanggap darurat bencana tujuh hari ke depan.

Sementara itu, bantuan petugas dari BPBD Kota Madiun sudah berangkat, Selasa (28/11) kemarin. Pemberangkatan bantuan relawan memang dilakukan bertahap. Tim bergabung dengan petugas BPBD Kabupaten Ponorogo sebelum bertolak ke lokasi. Penanganan langsung dilakukan.

Kepala BPBD Kota Madiun, Budi Hariono, menyebut, tim sudah bergabung dengan petugas BPBD setempat. Utamanya, evakuasi korban selamat dari lokasi bencana.

‘’Tim terbagi-bagi dalam beberapa tindakan penanganan. Tetapi utamanya evakuasi korban selamat ke tempat pengungsian,’’ ujar Budi. [Ar/dbs]

 

Sumber foto: Sindonews.com


 

0
0
6
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan