Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Menerapkan Revolusi Mental Idealnya Sejak Usia Dini

Berbagai penelitian pendidikan Internasional dan temuan-temuan terbaru dalam hal ilmu kognitif telah menyoroti pentingnya dan besarnya manfaat dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Berdasarkan penelitian, sejak periode sebelum anak lahir hingga menginjak usia 8 tahun, sistem syaraf pusat, sel-sel otak dan jalur syaraf mulai terbangun. Selama periode kritis perkembangan otak ini, telah tertata dasar-dasar untuk lintasan kehidupan anak di masa mendatang.

Hal inilah yang menjadi motivasi Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) untuk melahirlan sebuah kolaborasi antara keluarga dan para Guru dalam menanamkan revolusi mental dari pendidikan anak usia dini, mengingat peran pendidikan anak usia dini sangat strategis dalam membentuk mental anak bangsa.

Melalui kegiatan yang bertema “Sosialisasi Aksi Nyata GNRM Keluarga Berkarakter Melalui Mindful Parenting” untuk Guru PAUD di Kota Tangerang yang di gelar pada hari, Rabu (6/12) ini, peseta diberikan materi – materi tentang pentingnya orangtua dan Guru memegang peranan utama dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak khususnya pada usia dini.

Selain itu, sudah merupakan kewajiban para orang tua dan untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.

Kegiatan tersebut diharapkan mampu memperbaiki dan membangun karakter bangsa Indonesia dengan menanamkan revolusi mental dari usia dini, yang mengacu pada nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong untuk membangun budaya bangsa yang bermartabat, modern, maju, makmur, dan sejahtera berdasarkan Pancasila. [Ar]

 

Sumber foto : Menko PMK

0
0
51
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan