Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Menarik Generasi Millenial, Mahasiswa IPB Ciptakan Eco-Selebgram

Perjuangan Yazidah Nur Rahmah, mahasiswa Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia (Fema) Institut Pertanian Bogor (IPB)  dalam integritas serta etos kerjanya yang ingin terus mengasah kemampuan menulisnya ternyata membuahkan hasil manis.Hasil jerih payahnya  tersebut akhirnya berhasil meraih juara 2 pada Lomba Essay Nasional pada Event Agriphoria yang diselenggarakan di IPB.

Pada Lomba Essay Nasional tersebut Yazidah membuat sebuah gagasan yang ia beri judul “Branding dan Eco-Selebgram: Inovasi Media Sosial Berbasis Pertanian guna Meningkatkan Rasa Bangga Pertanian terhadap Generasi Millenial”.

Menurutnya, Generasi Millenial (GM) saat ini cenderung lebih aktif di dunia maya dan jarang sekali berkontribusi untuk kegiatan nyata. Belum lagi generasi millenial saat ini cenderung menyukai hal instan, berbau teknologi dan tidak suka dengan hal-hal yang melelahkan.

“Jika seperti ini terus, ditakutkan petani masa depan akan musnah. Mereka juga tidak tertarik dengan dunia pertanian yang dianggap kotor, miskin dan lain-lain. Karenanya saya berinovasi membuat akun sosmed Eco selebgram yang isinya adalah video, vlog  atau  gambar yang memposting tentang sisi positif lain dari kehidupan pertanian. Inovasi ini ditujukan agar beranda sosmed generasi millenial dipenuhi oleh isu-isu pertanian juga,” terangnya, seperti yang dilkutip dari lama IPB.

Eco-selebgram yang dirancang oleh Yazidah ini memiliki kelebihan tersendiri karena terdapat langkah branding untuk menaikkan citra petani yang hanya terkenal dengan kotor dan cangkul. Pada branding ini, Yazidah mengubah nama petani menjadi Agripreneur.

“Nama Agripreneur saya maksudkan juga untuk menarik perhatian pemuda desa agar mau menjadi petani dengan merk Agripreneur. Nama ini tentu nampak lebih keren dan bernilai di mata masyarakat sosial dibandingkan dengan nama petani,” jelas Yazidah

Bukan hanya itu, pada gagasannya juga terdapat vlog kreatif yang akan dilakukan oleh pameran yang ditunjuk menjadi selebgram dalam melakukan kegiatan pertanian yang edukatif langsung bersama petaninya.

“Jadi nanti para selebgram yang sudah terkenal akan ditunjuk sebagai role model yang memiliki citra baik dan cinta pertanian agar dapat ditiru oleh generasi muda yang menjadikannya sebagai idola,” tutupnya.

Gagasan dari inovasinya tersebut patut diacungi jempol, karena memiliki cerminan Indonesia Mandiri serta teguh pada nilai-nilai strategis pada Revolusi Mental. [Is]

Sumber foto: Antara Foto

0
0
30
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan