Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Memanfaatkan Limbah Rambut, Dua Pelajar Ini Ciptakan Cat Air yang Diakui Dunia

Kabar gembira kembali hadir untuk Indonesia. Berkat karya dua pelajar Sekolah Menengah Atas Tangerang yang berhasil menyabet medali emas dalam ajang Genius Olympiad 2017 di Oswego Amerika Serikat. Lewat karyanya cat anti karat yang memanfaatkan limbah rambut, Samuel Benedict dan Christopher Richard, pelajar kelas XII SMA Santa Laurensia Tangerang ini mendapat pengakuan dunia.

Berkat semangat, integritas serta etos kerja yang tinggi, kedunya berhasil mengungguli ribuan peserta olimpiade dan 360-an peserta beregu yang berasal dari 73 negara di dunia. Buah pikirnya mampu memenangkan ide kreatif dan inovasi kategori sains dari bahan baku limbah (sampah) pada ajang Sains Internasional tersebut.

Samuel remaja yang masih berusia 17 tahun ini mengaku, idenya bermula di sebuah tempat ia menyukur rambut. Melihat banyak tumpukan rambut yang terpotong dan menjadi sampah itu membuat Samuel menjaring banyak informasi soal rambut. Sampai akhirnya, dia mengetahui kalau di rambut manusia ada kandung karetin yang mampu melindungi besi dari karat lebih baik.

Tercetuslah ide membuat cat besi dengan campuran karetin. Setelah melakukan percobaan sana sini, diketahui campuran cat yang ditambahkan formulasi karetin dari ekstrasi rambut manusia dapat menjadikan besi, alumunium, zink dan bahan lain yang dicat menjadi lebih baik.

Seperti yang terlansir di viva.co.id, remaja yang memiliki hobi Bulutangkis ini menyebut, cat yang kandungannya ditambah ekstrak keratin dari formulasi sampah rambut akan lebih awet. Karena tidak hanya melindungi secara fisik namun juga secara kimiawi.

"Cat dengan ekstrak keratin limbah rambut lebih tahan asam dan besi yang dilapisi cat tersebut tidak mudah korosi," imbuh dia.

Terkait penemuan itu, kini cat dari bahan sampah rambut sedang dikembangkan formulanya agar dapat diaplikasikan pada bahan lain. "Harusnya bisa juga buat cat tembok, dan lain-lainnya. Saya sedang kembangkan ke arah itu, dan sedang usaha membuat patennya," ucap dia. [Ar/ asp]

 

Sumber foto : JadiBerita.com

0
0
29
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan