Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Inovasi Anak Bangsa, Mobil Hemat Energi Garuda Urban Gasoline 17

Tim Garuda UNY kembali berhasil lolos mengikuti lomba bergengsi yang mengusung mobil urban berbahan bakar bensin di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2017, yang telah sukses  diselenggarakan selama 5 hari (7-11/11) di Kenjeran Park, Surabaya, Jawa Timur. Kontes yang terdiri dari mobil urban dan prototype ini dimeriahkan oleh 80 tim mobil dari seluruh Indonesia.

Dilansir dari laman garudauny.com, Garuda UNY Eco Team, dengan 7 anggota dan mobil Garuda Urban Gasoline 17 berhasil meraih posisi kedua dengan capaian 303 km/l. Raihan ini merupakan capaian terbaik dari integritas serta etos kerja tim Garuda selama  membuat mobil hemat energi. Selain menjadi juara 2 kategori Urban Gasoline, Garuda UNY juga menempati posisi dua untuk FDR Award yaitu juara untuk mobil tercepat yang menggunakan minimal 2 ban FDR. Penghargaan ini merupakan penghargaan khusus yang diberikan oleh FDR selaku sponsor utama KMHE 2017.

“Alhadulilah kami civitas akademika UNY mengucapkan terima kasih tak terhingga dan khususnya juga puji syukur atas prestasi yang dicapai oleh anak-anak di KMHE ini sehingga kita bisa meraih juara 2 mobil terhemat dan juara 2 mobil tercepat. Hal ini tidak terlepas dari dukungan dan doa restu dari semua pihak, terutama pimpinan UNY dan jajarannya, para dosen dan mahasiswa, serta sponsor tim Garuda.”ungkap Dr. Zainal Arifin, M.T., advisor tim Garuda.

“Harapan kami, semoga untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya kami bisa meraih yang lebih baik dan bisa mengharumkan nama UNY dan nama bangsa,” tambah beliau.


Tim pendukung Garuda UNY Mifta Saputra menjelaskan, lintasan balap KMHE tidak hanya lurus melainkan melingkar mengelilingi Kenjeran Park. "Tikungan-tikungan yang dilewati menjadi rintangan tersendiri dan membutuhkan strategi, kepiawaian driver serta kerjasama tim," terang Mifta, seperti yang dikutip di liputan6.com

Setelah kendaraan menyelesaikan delapan putaran, tangki bahan bakar diukur kembali untuk mengetahui seberapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi. Meskipun sempat mengalami kendala, tim Garuda UNY tetap berusaha dan lanjut pada babak kualifikasi dengan mengitari lintasan balap untuk diuji ketahanan, Garuda Urban Gasolin 17 berhasil menyelesaikan lintasannya.

Untuk mengikuti KMHE 2017, Garuda UNY telah mempersiapkan sejak satu tahun yang lalu, dan pengembangan Garuda Urban Gasolin 17 dibutuhkan waktu 3 hingga 4 bulan. Terdiri dari 80 orang di tim senior, 60 orang tim menengah serta 20 orang tim baru, dimana tim baru akan belajar dari seniornya mengenai pengembangan mobil hemat energi, ini dimaksudkan untuk memperkaya generasi penerus dalam Garuda UNY.

Setelah dari event ini, Garuda UNY berencana mengikuti kontes serupa yang akan diadakan di Singapura dan Jepang pada 2018 mendatang. Terus berkarya generasi muda ciptakan inovasi untuk kemajuan bangsa Indonesia. [Is]

Sumber foto: https://www.goodnewsfromindonesia.id

0
0
26
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan