Gerakan Indonesia Melayani, upaya peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia
  • 81
  • 0
  • 0
  • 0

Meningkatnya kualitas pelayanan publik kita adalah salah satu capaian yang bisa diukur dari keberhasilan pelaksanaan Gerakan Indonesia Melayani yang mana jadi salah satu fokus Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)

 

Hal tersebut disampaikan oleh Hasan Andi, salah satu ASN di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), menurutnya juga gerakan tersebut adalah gerakan yang  diupayakan untuk meningkatkan perilaku pelayan publik yang sesuai dengan nilai-nilai strategis Revolusi Mental yakni Integritas, etos kerja dan gotong royong. “Di antara fokusnya adalah peningkatan kualitas SDM, penegakan disiplin, hukum dan aturan,  perilaku pelayanan publik yang cepat dan responsif, penyempurnaan pelayanan dan sistem pelayanan yang inovatif, debirokratisasi dan penerapan sistem pernghargaan dan sanksi serta keteladanan pimpinan,” kata Hasan Andi, di Jakarta, Senin, (31/12/2018)

 

Terkait pelaksanaan Gerakan Indonesia Melayani, sudah banyak upaya dan capaian yang sudah dilaksanakan pada tahun 2018 ini. Dalam infografis yang dirilis oleh revolusimental.go.id disebutkan bahwa keberadaan perekrutan tes CPNS 2018 yang melalui Computer Assisten Test (CAT) adalah salah satu capaian yang patut kita apresiasi, melalui CAT perekruratan calon Abdi Negara dilaksanakan dengan bebas pungutan liar dan bebas KKN yang mana diharapkan kualitas SDM PNS negeri ini meningkat dan mampu menjadi teladan bagi yang lain.

 

Selain itu, layanan publik berbasis online pun semakin meningkat, mulai dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah, mulai dari pengurusan paspor hingga pengurusan izin usaha. Ada lebih dari 100 layanan publik berbasis online milik pemerintah.

 

Menurut Inpres Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, disebutkan bahwa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengoordinasikan Program Gerakan Indonesia Melayani dan bertanggung jawab atas terwujudnya perilaku Sumber Daya Manusia Aparatur Sipil Negara yang melayani.

 

Di tahun 2019, kita pun semuanya pastinya sangat berharap agar kinerja pelayanan publik semakin lebih baik, berbagai saran, masukan dan kritikan yang membangun diharapkan terus disalurkan oleh masyarakat agar berbagai pelayanan yang ada bisa ditingkat. jadi #ayoberubah untuk 2019 yang lebih baik.