Gerakan Indonesia Bersih Untuk Perilaku Bersih, Sehat Jasmani dan Sehat Rohani
  • 87
  • 0
  • 0
  • 0

Siapa yang tidak ingin negara ini jadi bersih? Masyarakatnya sehat secara jasmani dan emosional, tiap individu bangsa pula seimbang dan berintegritas. Pernyataan tadi disampaikan oleh Asisten Deputi Bidang Pelayanan Kesehatan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Andi Rahmadi.

 

Menurutnya pula, perilaku bersih adalah budaya yang harus dibangun oleh tiap individu, lingkungan keluarga, perkantoran, pendidikan dan komunitas masyarakat. “Bersih harus jadi bagian dari budaya, banyak dampak positif bila perilaku bersih digerakkan secara nasional,” kata Andi di Jakarta, Senin, (31/12/2018)

 

Sebagai wadah untuk peningkatan budaya bersih, sudah ada sebuah Gerakan Indonesia Bersih (GIB) yang difokuskan pada gerakan mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat baik jasmani dan rohani. Dalam gerakan itu, Andi menjelaskan, GIB juga berupaya untuk meningkatkan semangat gotong royong dalam penyediaan sarana dan prasarana perilaku hidup bersih, pengembangan sistem pengelolaan sampah yang terintegrasi, penyempurnaan undang-undang yang ada dan penegakan hukum dalam bidang kebersihan dan kesehatan.

 

Tak hanya itu, peran aktif masyarakat sebagai penggerak utama GIB adalah yang utama, apalagi bila banyak perusahaan, pabrik, swasta dan lembaga yang terlibat secara aktif bergotong royong secara sinergis dengan pemerintah, “Apapun dan siapapun itu kita butuh komitmen lebih untuk Indonesia Bersih,” jelas Andi.

 

Dengan demikian pada tahun 2019, Andi Berharap semua pihak semakin meningkatkan perilaku bersih, sehat jasmani dan sehat rohani, untuk itu, menurut andi kolaborasi adalah hal yang utama untuk meningkatkan budaya bersih bangsa ini.