Hak Cipta © 2015-2017 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
SIARAN PERS
Dokter Cantik Yang Mengabdikan Diri Untuk Masyarakat Terpencil

Cantik, pintar, dan inspiratif merupakan sebutan yang cocok untuk Mesty Ariotedjo. Dokter cantik yang terkenal di dunia hiburan sebagai model dan piawai memainkan beragam alat musik ini, tidak hanya pintar dan cantik Mesty juga memiliki jiwa kepedulian terhadap sesama yang menjadi cerminan Indonesia melayani.

Wanita yang memiliki nama lengkap Dwi Lestari Pramesty Ariotedjo ini, mendirikan sebuah portal WeCare.id yang bertujuan mengumpulkan dana untuk pasien. Platfom online yang memfasilitasi kesehatan ini dibentuk sebagai wujud kepedulian Mesty yang melihat masih banyak pasien-pasien di Indonesia tak bisa mendapatkan layanan pengobatan karena terbentur biaya.

Gaung WeCare.id semakin terdengar ketika Mesty Ariotedjo menerima penghargaan Forbes 30Under30 Asia untuk kategori healthcare and science. Didirikan pada 15 Oktober 2015, Mesty Ariotedjo bersama rekannya, Gigih Septianto, menggagas dan meluncurkan WeCare.id, sebuah situs penggalangan dana (crowdfunding) bagi pasien kurang mampu, terutama yang berada di daerah terpencil.

Dikesempatan menjadi salah satu tamu utama ‘yang muda yang bergerak’ sebuah topik dalam kick andy show (22/09). Mesty menceritakan ide tersebut terutama muncul setelah Mesty menjalani internship di rumah sakit di Flores, Nusa Tenggara Timur.

Saat itu, ia melihat sendiri betapa menyedihkan kondisi para pasien di sana. Meski banyak penduduk terdaftar dalam program Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat), namun faktanya, hanya sedikit yang berhasil mencapai kesembuhan. Kebanyakan pasien kesulitan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai, belum lagi masalah transportasi dan akomodasi saat dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar.

“Saat itu memang semua orang punya jaminan kesehatan, tetapi permasalahannya fasilitas kesehatan di sana itu minim banget sehingga mereka harus dirujuk ke kota besar seperti Jakarta atau Bali dimana biaya itupun nggak ditanggung sama jaminan. Hingga akhirnya banyak pasien mengurungkan niatnya dan banyak dari mereka yang tidak tertolong. Nah dari situ akhirnya kami terpikir kenapa tidak menjadi penghubung,” ungkap Mesty.

WeCare.id kini telah menghimpun dana untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Hingga saat ini terkumpul donasi kurang lebihnya berjumlah dua miliar rupiah dari 3.990 donatur yang telah berhasil mendanai lebih dari 196 pasien yang tersebar di Pulau Sumatera hingga Papua.

Bagi Mesty, tidaklah menunggu menjadi orang besar agar bisa bermanfaat. Belajar dari tuntunan seorang ibu, perempuan berusia 28 tahun ini memahami kebagahagian yang tak ternilai iyalah ketika dapat membantu orang lain. Hal inilah yang selalu mengilhami hati seorang dokter cantik ini dalam hidupnya. “Tidaklah kita menunggu menjadi orang besar dahulu. Lakukan apapun yang kita bisa untuk kebaikan sekecil apapun maanfaatnya maka lakukanlah,”

Meski telah mendulang banyak prestasi seperti Inspiring Young Leaders 2014, yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo, penerima The Young Health Scholar, yang diberikan dalam Konferensi NonKomersial (NCD) 2014 di Trinidad & Tobago dan Asia Social Innovation Award  di Hong Kong, Mensty belum berhenti mewujudkan impiannya yang lain. Ia ingin sekali membuka rumah sakit umum, dan memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat yang kurang mampu di Indonesia. [Ar]

Sumber foto : jawapos.com

0
0
12
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan