Kompetisi - Games

Games

10 Nov 2016

Maksud dan Tujuan
Diselenggarakannya Sayembara Lomba Game bertemakan Revolusi Mental dimaksudkan sebagai salah satu bentuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam sosialisasi dan aksi nyata masyarakat dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental melalui pemberdayaan teknologi informasi.
Tujuan adalah meningkatkan makna gerakan sebagai gerakan bersama antara pemerintah bersama masyarakat, dunia usaha dan dunia pendidikan dalam menunjukkan aksi nyata yang sudah ada dalam kehidupan bermasyarakat melalui :
a. Gerakan Indonesia Melayani
b. Gerakan Indonesia Bersih
c. Gerakan Indonesia Tertib

Syarat dan Ketentuan lomba Game:
1. Tema karya harus sesuai dengan nilai-nilai strategis GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) yang diturunkan dalam bentuk nyata gerakan sosial yaitu : (a). Gerakan Indonesia Melayani, (b). Gerakan Indonesia Bersih atau (c). Gerakan Indonesia Tertib. 
2. Karya harus original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
3. Karya berupa konsep game yang belum dibiayai oleh pihak manapun.
4. Jenis konsep game harus interaktif, menghibur, adiktif dan edukatif dengan pilihan sebagai berikut :
a. Permainan Viral Interaktif (Interactive Viral Game). 
b. Permainan Kanal Edukatif Anak 
c. Permainan Sosial (Social Game) 
d. Permainan Edukasi (Education Game) merupakan permainan dengan tingkat lebih serius, dengan target jelas yaitu pemahaman Revolusi Mental.
5. Karya yang dikompetisikan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
6. Setiap peserta boleh membuat dan mengirimkan konsep game lebih dari 1 buah, lebih disukai karya sudah dalam bentuk game siap pakai.
7. Konten game tidak mendiskreditkan SARA, pornografi dan hal-hal yang bertentangan dengan etika, norma dan hukum di Indonesia.
8. Peserta adalah masyarakat umum, tanpa batas usia baik yang berdomisili di dalam dan luar negeri, baik perseorangan maupun kelompok.
9. Menyetujui bahwa hak distribusi menjadi milik Kemenko PMK dengan tetap mencantumkan nama pembuat game atau hak cipta sebagai pemilik game.
10. Apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia dan Kemenko PMK tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut dikarenakan karya milik masing-masing peserta.
11. Keputusan dewan juri mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
12. Peserta lomba wajib menuliskan konsep game yang ingin dibuat maksimal 5 lembar yang mencakup :
Deskripsi Game (Penjelasan umum dan khusus terkait game yang hendak dibuat).
Background research (Riset terkait latar belakang pembuatan konsep program game).
Target Pengguna Game. 
Prediksi Dampak (Dampak game yang hendak dibuat atas target game tersebut).
13. Peserta harus mendaftar dan mengunggah konsep game ke situs http://sayembara.revolusimental.go.id  atau http://bit.ly/sayembararevmen  atau http://bit.ly/2d6i2OO dalam bentuk PDF sesuai jadwal pelaksanaan lomba Game GNRM 2016.
14. Peserta wajib mempresentasikan konsep game yang dibuat dalam kanal YouTube terkait :
Deskripsi Game.
Background research
Target Pengguna Game. 
Prediksi Dampak.
Link YouTube terkait konsep game diatas wajib dicantumkan dalam proses registrasi di situs http://sayembara.revolusimental.go.id  atau http://bit.ly/sayembararevmen  atau http://bit.ly/2d6i2OO .
15. Karya pemenang akan dibangun dan diimplementasikan pada tahun 2017.

Tahapan Pendaftaran Karya
1. Registrasi peserta dan pengunggahan konsep game ke situs http://sayembara.revolusimental.go.id  dengan mencantumkan link YouTube.
2. Presentasi konsep game dalam kanal YouTube yang dikirim pada langkah sebelumnya akan dinilai oleh Dewan Juri.
3. Verifikasi.
4. Penjurian.
5. Pengumuman Pemenang.

Hadiah
1. Juara 1 Rp.8.000.000,-
2. Juara 2 Rp.6.000.000,-
3. Juara 3 Rp.4.000.000,-
4. Juara Favorit Rp.2.000.000,-

Jadwal Pelaksanaan
1. Launching Sayembara 11 Nopember 2016
2. Penerimaan Peserta dan Verifikasi 11 Nopember 2016 – 28 November 2016
3. Penjurian 28 November 2016 – 04 Desember 2016
4. Pengumuman Pemenang 05 Desember 2016

Info lebih lanjut