Kompetisi - Aplikasi

Aplikasi

10 Nov 2016

Maksud dan Tujuan
Diselenggarakannya Sayembara Lomba Aplikasi Nasional bertemakan Revolusi Mental
dimaksudkan sebagai salah satu bentuk peningkatan partisipasi masyarakat dalam
sosialisasi dan aksi nyata masyarakat dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi
Mental melalui pemberdayaan teknologi informasi.
Tujuan adalah meningkatkan makna gerakan sebagai gerakan bersama antara pemerintah
bersama masyarakat, dunia usaha dan dunia pendidikan dalam menunjukkan aksi nyata
yang sudah ada dalam kehidupan bermasyarakat melalui :
a. Gerakan Indonesia Melayani
b. Gerakan Indonesia Bersih
c. Gerakan Indonesia Tertib

Syarat dan Ketentuan lomba Aplikasi Nasional Revolusi Mental:
1. Tema karya harus sesuai dengan nilai-nilai strategis GNRM (Gerakan Nasional Revolusi Mental) yang diturunkan dalam bentuk nyata gerakan sosial yaitu : (a). Gerakan Indonesia Melayani, (b). Gerakan Indonesia Bersih atau (c). Gerakan Indonesia Tertib. 
2. Karya harus original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
3. Karya berupa konsep program aplikasi yang belum dibiayai oleh pihak manapun.
4. Jenis konsep aplikasi yang dibuat harus mampu memberikan kemampuan komunikasi langsung antara pemerintah dengan masyarakat dalam rangka pelayanan publik dan sarana pengaduan yang interaktif. 
5. Karya yang dikompetisikan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara.
6. Setiap peserta boleh membuat dan mengirimkan konsep aplikasi lebih dari 1 buah, lebih disukai karya sudah dalam bentuk aplikasi siap pakai.
7. Konten aplikasi tidak mendiskreditkan SARA, pornografi dan hal-hal yang bertentangan dengan etika, norma dan hukum di Indonesia.
8. Peserta adalah masyarakat umum, tanpa batas usia baik yang berdomisili di dalam dan luar negeri, baik perseorangan maupun kelompok.
9. Menyetujui bahwa hak distribusi menjadi milik Kemenko PMK dengan tetap mencantumkan nama pembuat aplikasi atau hak cipta sebagai pemilik aplikasi.
10. Apabila di kemudian hari terdapat gugatan hak cipta, pihak panitia dan Kemenko PMK tidak bertanggung jawab terhadap hal tersebut dikarenakan karya milik masing-masing peserta.
11. Keputusan dewan juri mutlak, tidak bisa diganggu gugat.
12. Peserta lomba wajib menuliskan konsep program aplikasi yang ingin dibuat maksimal 5 lembar yang mencakup :
Deskripsi Aplikasi (Penjelasan umum dan khusus terkait aplikasi yang hendak dibuat).
Background research (Riset terkait latar belakang pembuatan konsep program aplikasi).
Target Pengguna Aplikasi. 
Prediksi Dampak (Dampak aplikasi yang hendak dibuat atas target aplikasi tersebut).
13. Peserta harus mendaftar dan mengunggah konsep program aplikasi ke situs http://sayembara.revolusimental.go.id  atau http://bit.ly/sayembararevmen  atau http://bit.ly/2d6i2OO dalam bentuk PDF sesuai jadwal pelaksanaan lomba Aplikasi Nasional GNRM 2016.
14. Peserta wajib mempresentasikan konsep aplikasi yang dibuat dalam kanal YouTube terkait :
Deskripsi Aplikasi.
Background research
Target Pengguna Aplikasi. 
Prediksi Dampak.
Link YouTube terkait konsep aplikasi diatas wajib dicantumkan dalam proses registrasi di situs http://sayembara.revolusimental.go.id  atau http://bit.ly/sayembararevmen  atau http://bit.ly/2d6i2OO .
15. Karya pemenang akan dibangun dan diimplementasikan pada tahun 2017.

Tahapan Pendaftaran Karya
1. Registrasi peserta dan pengunggahan konsep program aplikasi ke situs
http://sayembara.revolusimental.go.id dengan mencantumkan link YouTube.
2. Presentasi konsep aplikasi dalam kanal YouTube yang dikirim pada langkah
sebelumnya akan dinilai oleh Dewan Juri.
3. Verifikasi.
4. Penjurian.
5. Pengumuman Pemenang.

Hadiah
1. Juara 1 Rp.8.000.000,-
2. Juara 2 Rp.6.000.000,-
3. Juara 3 Rp.4.000.000,-
4. Juara Favorit Rp.2.000.000,-

Jadwal Pelaksanaan
1. Launching Sayembara 11 Nopember 2016
2. Penerimaan Peserta dan Verifikasi 11 Nopember 2016 – 28 November 2016
3. Penjurian 28 November 2016 – 04 Desember 2016
4. Pengumuman Pemenang 05 Desember 2016

Info lebih lanjut