Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
IDE PERUBAHAN
Tingkatkan Peluang Pebisnis Muda Dengan Bantuan Pemerintah

Ketika kita ingin memulai suatu bisnis tentu benar adanya kita juga harus memiliki dasar modal sendiri untuk memulai hal tersebut. Hal tersebut mungkin saja dianggap wajar bagi kebanyakan orang karena memang harus seperti itulah adanya. Namun disisi lain kita juga harus memperhatikan berbagai aspek lainnya.

Beberapa Contoh Kasus yang Akan Saya Jelaskan

1. Bisnis Vaksinasi atau Imunisasi ke Rumah dari Salah Satu Start Up Lokal.


Sumber: Instagram, Anak Happy di Imunisasi

Mungkin bagi anda yang ingin melakukan vaksinasi, maka anda harus pergi ke rumah sakit ataupun ke puskesmas biar mendapatkan vaksinasi atau imunisasi anak. Namun pada kenyataannya jika anda berada di kota besar sebutlah Jakarta maka hal tersebut tidaklah segampang itu. Anda butuh izin dari kantor ataupun meminta jatah liburan biar bisa menemani anak anda untuk mendapatkan imunisasi. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidaklah gampang didapatkan karena terbatasnya jumlah liburan.

Bagi beberapa orang seperti anda yang memiliki perusahaan yang baik, yang memperbolehkan karyawannya izin kapan dia mau akan bilang "kan banyak dispensasi waktu, mas itu gak boleh sih". Tapi pada kenyataannya tetap ada beberapa perusahaan yang cukup ribet untuk minta izin hal - hal yang berhubungan dengan libur. Mungkin karena karyawan yang terbatas ataupun jumlah cuti yang sudah terpotong habis ketika anda sakit.

Oleh karena itu kita perlu melihat salah satu jenis start up lokal yang memberikan layanan vaksinasi ke rumah. Beberapa hal jenis vaksinasi yang mereka tawarkan bisa kamu lihat disini. Di prosehat kamu bisa mendapatkan layanan vaksinasi ke rumah dengan harga yang sangat terjangkau sekali. Tentu ini akan sangat membantu anda dalam hal keterbatasan waktu, namun bagaimana jika anda tidak punya uang yang cukup ternyata? Maka silahkan dilanjutkan baca artikel saya

2. Usaha Bisnis Pengrajin Lokal yang Menargetkan Pasar Luar Negeri.



Salah satu perusahaan lokal yang memberikan layanan custom furniture yang sangat banyak sekali pilihannya. Tentu anda bisa melihat disana begitu banyak inovasi produk yang mungkin saja bisa anda dapatkan disana. Mereka menggunakan 2 konsepan website yakni bahasa indonesia dan English. Tujuannya sudah bisa ditebak yaitu untuk menempuh pasar luar negeri.

Kenapa justru yang ditempuh adalah pasar luar negeri? Karena customer custom furniture itu adalah orang luar sana. Hal ini karena harganya yang mungkin sedikit lebih mahal dari furniture yang sudah langsung jadi. Selain itu mungkin karena faktor kompetitor yang lebih banyak menyari pasarnya di luar negeri sana.

Namun disini mungkin anda akan tau ada sedikit masalah yang bisa dilihat yaitu bagaimana dengan ongkos kirimnya? Tau sendiri kan ongkos kirim barang eksport cukup mahal dibandrol. Beda dengan china yang kabarnya memberikan bantuan subsidi ongkir biar rakyatnya bisa eksport sana sini. Oleh karena itu pastikan anda tetap membaca ulasan saya berikutnya

3. Usaha Karpet Yang Berkualitas Di Yogya yang Mau Merambah Nasional



Hal ini perlu menjadi perhatian khusus. Disini saya mengambil salah satu contohnya adalah gorden jogja yang memberikan penjualan karpet seluruh Indonesia. Salah satu jenis karpet yang menjadi unggulannya adalah karpet meteran atau karpet tile. Disini mereka mendapatkan banyak sekali orderan untuk karpet meteran karena memang karpet meteran susah susah gampang untuk mendapatkannya. Mereka terus berinovasi untuk bisa mendapatkan pasar di seluruh Indonesia. Tentu banyak hal yang harus mereka lakukan baik dari cara sederhana maupun hal yang luar biasa.

Namun karena mereka start up yang mana lama kelamaan mungkin saja akan sangat kesusahan untuk menjangkau jakarta. Tau sendiri, peradaran uang terbesar di Indonesia ini ada di Jakarta salah satunya. Namun untuk dia mencapai market jakarta maka dia harus membuat toko di Jakarta atau customer jakarta mungkin akan kesusahan mendapatkan produk tersebut. Hal ini tentu wajar saja terjadi mengingat harga ongkos kirim yang mungkin nanti akan anda dapatkan dengan sangat mahal dan susah dikirim.

Bagi yang kaya tentu akan sangat mudah mengatasi hal tersebut namun bagi yang keterbatasan budget maka tidak akan mengambil produk disana. Oleh karena itu peluang produknya yang dijual secara online bisa menembus jakarta mungkin saja akan turun jumlahnya. Hal ini tentu akan sangat disayangkan mengingat peluang suatu bisnis tidak hanya bisa dilihat dari 1 sisi saja. Kita tetap harus bisa menembus seluruh wilayah bisnis agar mencapai hal yang diharapkan nanti. Oleh karena itu, tulisan ini tetap akan menghimbau anda untuk lanjut ke tahap selanjutnya.

4. Usaha Makeup Datang Ke Rumah


Disini makin banyak sekali gaya bisnis datang ke rumah. Hal ini terjadi khususnya di wilayah jakarta dan secara menyeluruh di wilayah jabodetabek. Meski tidak menutup kemungkinan berbagai wilayah lain namun saya concern disini untuk daerah jabodetabek saja. Di Jabodetabek makin banyak orang yang memberikan layanan jasa makeup datang ke alamat. Tentu layanan ini sangat bermanfaat sekali bukan?

Kita akan mengambil salah satu contoh usahawati muda yang memiliki website bernama www.makeuphijab.com yang mana dia memberikan usaha makeup datang ke alamat. Mungkin untuk yang ingin tau harganya bisa cek disini. Selain itu, usaha makeup ini juga merambah usaha rental kebaya pengantin yang sangat banyak sekali pilihan pakaiannya. Namun disini saya akan memberikan catatan khusus bahwa yang dilihat bukanlah hal yang gampang untuk mencapainya.

Untuk kemampuan, berapa banyak dalam 1 hari dia mampu mendatangi tempat masing2 tersebut? Dia akan terus diikat masalah harus menggunakan transportasi khusus dan area jangkauannya masih sebatas jabodetabek saja. Oke lah jabodetabek sudah memiliki transportasi lebih baik dari daerah lain. Namun untuk usaha makeup ini kebanyakan di order orang untuk acara pada pagi hari yang tidak bisa datang ke salon. Tentu jarang sekali salon yang buka jam 3 pagi ataupun 5 pagi. Sedangkan mereka harus wisuda pukul 8 pagi. Kalau ke salon, salon saja buka jam 7. Tentu tidak akan sempat bukan? Oleh karena itu bantuan pemerintah juga diperlukan disini. Silahkan lanjutkan membaca untuk mendapatkan point penting dari yang akan dibahas ini.

Point Penting yang Harus Dibantu Pemerintah

1. Fokus Memberikan Bantuan Untuk Para Usahawan Muda.

Mungkin saja banyak yang bilang banyak kok pemerintah memberikan berbagai kemudahan dan bantuan untuk berbagai usaha ini itu ini itu. Namun yang menjadi perhatian khususnya adalah dimana setiap orang bisa akses informasi tersebut? Kenapa tidak mencari talent yang berkualitas kemudian dibantu dan dibibimbing. Andaikan memang ada, dimanakah kita mencari informasi tersebut?

2. Mewajibkan Mahasiswa Untuk Mendapatkan Program Pelatihan Bisnis Sebagai Salah Satu Mata Kuliah Wajib

Memang terdengar sangat sederhana dan mungkin saja anda bilang "belajar aja dari internet, tanya aja ke teman, tanya aja google bla bla bla". Namun disini seharusnya bisa memberikan pelatihan untuk mahasiswa bagaimana berbisnis dari awal. Seperti apa saja bantuan dari pemerintah yang bisa kita dapatkan. Seperti apa saja solusi lain jika terkena masalah seperti ini dalam berbisnis. Ini merupakan salah satu hal terpenting dalam hal pendidikan.

3. Bantu Semua Hal Bagi UKM yang Butuh Pengiriman Seluruh Indonesia dan International

Bantuan pengiriman untuk indonesia dan international dirasakan sangat akan bermanfaat sekali. Dulu pernah dicanangkan akan membuat tol laut. Toll laut itu tentu bukan jalan tol dilaut ataupun tol yang membelah laut. Namun sekedar simbolik saja dengan mengecat kapal sebagai tol laut. Namun itu tidaklah masalah karena jika tujuannya untuk menyetarakan harga diseluruh indonesia maka hal tersebut akan sangat baik sekali. Bisa meminimalisir ongkos kirim akan sangat membantu para pengusaha muda untuk bisa terus berkembang dan maju lagi.

Akhir kata, mari tetap kita support pemerintahan sekarang dan tak lupa mengingatkan pemerintahan sekarang ataupun akan datang bahwa penting sekali membantu usahawan kecil. Jangan sampai nanti justru semua usahawan muda Indonesia justru akhirnya harus menjual sahamnya ke luar negeri sana.

Yuk, bantu ingatkan pemerintah untuk selalu bantu pemerintah untuk menolong bisnis semua rakyat kecil di Indonesia.

1 PENDUKUNG
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan