Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
IDE PERUBAHAN
Menciptakan Apresiasi Bagi Penggiat Seni Rupa Melalui Media Sosial

Seperti yang dikutip oleh Huffingtonpost pada Selasa (15/11/2011), menyatakan bahwa terdapat 11 jurusan dengan tingkat pengangguran paling tinggi di dunia.

Tepat peringkat kedua ditempati oleh Ragam Seni Rupa.

Jebolan bidang studi yang mempelajari keragaman seni rupa ini menyumbang pengangguran sebesar 16,2 persen. Cukup menyayangkan.

Hal ini dikarenakan minimnya ruang bagi mereka untuk berekspresi agar diapresiasi.

Untuk meminimalisir permasalahan tersebut, berikut cara menciptakan apresiasi bagi penggiat seni rupa melalui media sosial.


1. Upload Hasil Karya ke Media Sosial

Buatlah karya sebanyak mungkin atau kumpulkan semua karya-karya Anda menjadi satu. Potret karya tersebut dan upload di media sosial Anda. Jenis akun boleh akun pribadi atau membuat akun baru dengan nama khusus sesuai jenis karya Anda. Let's do it!


2. Follow Akun Media Sosial Yang Sejenis

Bentuk relasi sebanyak dan seluas mungkin. Manfaatkan ketidakbatasan media sosial dengan mem-follow akun-akun yang memiliki aliran, genre, atau yang sejenis dengan karya Anda. Tidak menutup kemungkinan, Anda dapat dilirik oleh salah satu komunitas dan diajaknya Anda untuk bergabung. Make it real!


3. Publikasi

Agar karya yang telah Anda upload dapat diapresiasi, maka perlu adanya orang yang melihat karya Anda di media sosial. Publikasi, itulah jawabannya. Perkenalkan karya Anda dengan mempromosikannya lewat SPAM WhatsApp di grup, Update Status di FaceBook, atau berbicara langsung pada saat bertemu dengan teman. Don't be shy, ok?!


4. Konsisten

Jika kita menginginkan hasil yang maksimal, maka perlu adanya usaha yang maksimal pula. Disini kita diuji kekonsistensian kita. Seperti tepat waktu upload pada interval tertentu, kesabaran dalam menghadapi likes / followers yang sedikit, atau menghadapi komentar pedas. Tetap terus berkarya dan jangan putus di tengah jalan. Enjoy it!


Dengan demikian, diharapkan penggiat seni rupa terutama di Indonesia dapat berunjuk gigi dengan memamerkan karya-karyanya di media sosial. Tidak pudar dimakan zaman dan tetap eksis di mata masyarakat.


Contoh upload-an karya di media sosial via Instagram :

Klik : https://www.instagram.com/p/BewJZz4ntj4/


"GUNAKAN KETIKANMU UNTUK MASA DEPAMMU"

#AyoBerubah #RevolusiMental #JawaTimur #ApresiasiMedsos2017 #PelatihanJaTim2017

3 PENDUKUNG
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan