Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
IDE PERUBAHAN
Melakukan Perubahan dalam Penggunaan Kosakata Melalui Media Sosial

DUTA POSITIF BERMEDIA SOSIAL

Halo, teman-teman. Banyak sekali yang bertanya dan mungkin ada yang salah mengartikan alasan Sheryl lebih sering memosting penggunaan kosakata di akun media sosial Sheryl. Di sini Sheryl akan menjelaskan tujuan dan alasan Sheryl. Namun, sebelum itu Sheryl akan mendahuluinya dengan beberapa hal sebagai berikut. 


Sheryl merupakan seorang pelajar di SMA NCIPS Kupang, NTT dengan jurusan MIPA, bukan dari jurusan Bahasa. Sheryl tidak menguasai bidang bahasa dengan mahir, tetapi di sini Sheryl akan membagikan berbagai pengetahuan yang diketahui Sheryl, baik dibidang Bahasa maupun dibidang lainnya dengan cara kreativitas Sheryl sendiri. Salah satunya dalam bentuk gambar yang memuat kosakata yang tepat dan benar untuk memudahkan setiap orang yang melihat postingan Sheryl, seperti di akun Instagram (@smilentika) dan Facebook (@Sheryl Milentika).


Bagi Sheryl, media sosial itu bukan hanya sekadar sebagai media komunikasi saja, tetapi media sosial juga sebagai media yang memuat berbagai kreativitas, inspirasi, motivasi, dan edukasi. Dan bagi Sheryl media sosial merupakan kesempatan yang besar untuk melakukan perbaikan dan perubahan secara besar-besaran karena media sosial sudah menjadi kebutuhan khusus manusia pada zaman sekarang ini.


Tujuan Sheryl memosting penggunaan kosakata yang tepat dan benar bukan hanya untuk memberikan pengetahuan bagi kalian, mana yang merupakan kata baku dan kata tidak baku, kata yang ada dalam KBBI dan yang tidak ada dalam KBBI, dan tidak bertujuan untuk menambah followers. Melainkan, Sheryl ingin mengajak setiap orang yang melihat postingan Sheryl untuk melakukan perbaikan dan perubahan setelah mengetahui kebenaran dari setiap penggunaan kata, karena hal sekecil ini sering sekali diabaikan dan diremehkan para pengguna media sosial, padahal hal sekecil ini bisa menimbulkan dampak yang begitu besar terkhususnya bagi mutu pendidikan di bangsa kita.


Ketika kita menulis sesuatu di media sosial, kita harus menggunakan penggunaan kata yang tepat dan benar, jika kita menggunakan kata yang keliru dan tidak benar, maka secara tidak sengaja kita telah menyebarkan kesalahan (kosakata) bagi setiap orang yang melihat tulisan dipostingan kita. Tentu hal tersebut sangat berbahaya dan berdampak bagi setiap orang yang melihat postingan kita, apalagi bagi para pelajar terkhususnya adik-adik kita yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar, mereka dengan mudah akan menyerap apa saja yang sering mereka lihat dan pelajari, sehingga akan berdampak pada mutu pendidikan, di mana mereka akan menerapkan hal tersebut hingga bangku perkuliahan nanti dan bahkan sampai berumah tangga, mereka akan mendidik anak-anaknya dengan penggunaan kosakata yang telah mereka gunakan sehari-hari dan seterusnya. Oleh karena itu, di sini Sheryl sebagai anak bangsa sudah seharusnya turut serta dalam memberantas penggunaan kosakata yang salah agar mutu pendidikan di bangsa kita bisa semakin ke depan. 


Ingat ya teman-teman, ini hanyalah hal kecil, tetapi hal sekecil ini punya dampak yang luar biasa besar bagi anak-anak bangsa yang adalah penerus bangsa ini. Ayo, kita lakukan perubahan secara besar-besaran!!! Ini merupakan salah satu cara Sheryl sendiri dalam pembentukan karakter bangsa. Mengenai harapan, Sheryl berharap semakin banyak masyarakat yang mendukung Sheryl dan semakin banyak masyarakat yang mengalami perubahan menuju hal yang lebih positif, serta semakin banyak pula masyarakat yang turut serta dalam membuat perubahan secara besar-besaran.

Bagaimana dengan caramu?

AYO BERUBAH! Salam Revolusi Mental.


-SHERYL M. L. BENGU- 


@revolusimental_id

#dutapositifbermediasosial

14 PENDUKUNG
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan