Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
IDE PERUBAHAN
Kenali ciri BERITA HOAX

Perkembangan era digital saat ini, tak semata memberi dampak positif pada kemudahan untuk mengakses informasi. Tetapi juga menjadi ladang subur bagi penyebaran berita hoax. 

dampak yang ditimbulkan dari peredaran berita hoax itu, tergantung pada jenis tema berita itu sendiri. Di Indonesia, menurut survei jenis hoax bermuatan sosial politik menempati urutan tertinggi Disusul hoax dengan isu SARA, hoax kesehatan ,hoax makanan dan minuman ,dan hoax-hoax lain seputar iptek, berita duka, candaan, bencana alam, dan lalu lintas. 

Ada baiknya, sebelum Kita membagikan suatu berita, apakah di media sosial, platform chatting, atau di mana pun itu, selalu cek kebenarannya

1.Perhatikan judul
Apakah judul dari berita itu mengandung muatan provokatif yang membuat hati langsung ingin membenci orang/kelompok lain? Jika Anda curiga atau belum yakin, sempatkan untuk crosscheck dengan media lain. 

2.Perhatikan sumber berita
Apakah situs yang menyampaikan berita itu kredibel dan terverifikasi? Atau situs abal-abal yang tidak jelas? Selalu pertanyakan hal ini setiap kali mengakses suatu informasi. Biasanya situs abal-abal memiliki karakteristik nama yang mengundang kecurigaan.

3. Waspada informasi 
Jika dalam informasi itu menyebut suatu kejadian, ajukan pertanyaan di mana kejadiannya? Siapa yang terlibat? Pastikan nama subyek dan lokasi harus jelas. Jika memungkinkan tanyakan siapa yang pertama kali menyebarkannya agar Kita dapat mengecek faktanya. Jika aspek-aspek ini tidak dapat terjawab dengan jelas, sebaiknya tahan jempol Anda untuk membagikan daripada terlibat sebagai penyebar hoax.


3 PENDUKUNG
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan