Hak Cipta © 2015-2018 Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan
IDE PERUBAHAN
Harmonis Keluarga, Penanaman Pendidikan Karakter yang Berharga

Bibit karakter yang ada pada setiap pemuda-pemudi Indonesia tergantung pada bagaimana keluarganya (ayah dan ibu) memberikan bimbingan kepada anaknya.

Jika didikannya baik, maka jadilah anak yang berbudi luhur dan taat kepada orang tua. Sebaliknya, jika didikannya buruk, maka jadilah anak itu yang nakal dan selalu membantah kedua orang tua.


Baik tidaknya seseorang dinilai dari lingkungan paling terdekatnya, yakni Keluarga.

Berikut hal-hal yang perlu dilakukan keluarga agar anaknya kelak dapat menjadi insan yang berkualitas dan senantiasa mengabdi pada bangsa Indonesia adalah :


1. Berikan Contoh Hal yang Baik pada Anak

Apa yang anak lakukan adalah apa yang anak itu lihat. Maka bagi orang tua perlu ada yang namanya contoh yang baik. Seperti ayah mengucakan kata dengan sopan, atau ibu menyapu ruang tamu. Anak akan merepon dengan cepat dan menyerahkan dirinya untuk meniru perkataan yang sopan atau membantu ibu menyapu ruang tamu.


2. Perhatikan Pola Psikologi Anak

Membentuk kepribadian anak sama halnya membentuk karakter atau membentuk mental, biasa disebut Revolusi Mental. Pola pikir anak, remaja, dan dewasa sangat berbeda, disini peran orang tua harus digerakkan dan memperhatikan dengan teliti. Seperti jangan berkata "Jangan", namun memberikan pemahaman yang lembut. Sebagai contoh "Jangan menyapu dengan terburu-buru, jelek hasilnya!" diubah menjadi "Begini, Nak, coba saya ajari kamu untuk menyapu dengan benar." adalah perbedaan yang mencolok dan tentu hasilnya juga akan berbeda. Pengetahuan selengkapnya dapat mengunjungi tempat psikologi anak terdekat Anda.


3. Ajak Anak Berkegiatan Positif

Buat setiap waktu keluarga dihabiskan untuk beraktivitas yang positif, seperti kerja bhakti di kebun rumah, menanam bunga, menguras kolam, dll. Anak akan merasa antusias dalam menggapai cita-citanya jika telah ditanamkan pendidikan kerja keras di usia ini.


Dengan demikian, anak tersebut dapat menjadi contoh tauladan yang baik bagi teman-temannya dan dapat menyalurkannya ke generasi-generasi selanjutnya.


#AyoBerubah #JawaTimur #ApresiasiMedsos2017 #PelatihanJatim

2 PENDUKUNG
Bagaimana Tanggapanmu ?
0 Tanggapan